Bangkitkan Penelitian Hayati, LIPI Buka Sentral Laboratorium Internasional di Kebun Raya Bogor

pada 1 Desember 1884, laboratorium itu dibuka sebagai sentral penelitian tumbuhan bagi peneliti mancanegara oleh Melchior Treub

Bangkitkan Penelitian Hayati, LIPI Buka Sentral Laboratorium Internasional di Kebun Raya Bogor
TribunNewsBogor.com/Aris Prasetyo Febri

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Aris Prasetyo Febri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Laboratorium Treub milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kebun Raya Bogor kembali dibuka sebagai pusat penelitian tumbuhan tropis bertaraf internasional.

Sebelumnya pada 1 Desember 1884, laboratorium itu dibuka sebagai sentral penelitian tumbuhan bagi peneliti mancanegara oleh Melchior Treub.

Akan tetapi, alat-alat laboratorium yang ada kemudian mengalami kerusakan dan tertinggal akibat perkembangan teknologi.

Baru pada Maret 2018 ini LIPI melakukan kerja sama dengan pemerintah Jepang dan melakukan pembaharuan alat-alat laboratorium berstandar internasional.

"Kami ingin merevitalisasi Laboratorium Treub ini sebagai laboratorium internasional, kembali ke jamannya waktu pak Treub dalam masa inisiasinya," ujar Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Deputy Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Rabu (21/3/2018).

Enny mengatakan LIPI melakukan hal tersebut karena ingin mendorong karya-karya ilmiah dan penelitian yang ditemukan di Indonesia.

"Dengan ini nanti bisa menghasilkan temuan-temuan yang akan ditulis dengan watermark 'ditemukan di Indonesia', itulah yang bisa mengangkat nama Indonesia," pungkasnya.

Menurutnya banyak peneliti asing yang telah diundang, bahkan ada yang menghubunginya untuk melakukan penelitian di Laboratorium Treub itu.

"Saya yakin mereka pasti tertarik karena mereka juga harus menulis mengenai keanekaragaman hayati tropis, karena mereka enggak punya itu di negaranya," ungkap Enny.

Halaman
12
Penulis: Aris Prasetyo Febri
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved