Fitur Gambar Bergerak GIF Di Instagram Sempat Dihapus, Ini Yang Terjadi

hal itu dilakukan karena pihak Instagram dan Snapchat mendapat laporan adanya konten gambar dari Giphy yang mengandung unsur rasis.

Fitur Gambar Bergerak GIF Di Instagram Sempat Dihapus, Ini Yang Terjadi
Instagram

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Fitur gambar bergerak GIF pada awal Maret 2018 sempat dihapus oleh pihak Instagram disusul pula oleh Snapchat.

Dua aplikasi media sosial ini melepas integrasi dengan mesin pencari GIF, Giphy.

Dilansir dari TechCrunch.com, hal itu dilakukan karena pihak Instagram dan Snapchat mendapat laporan adanya konten gambar dari Giphy yang mengandung unsur rasis.

Gambar rasis tersebut pertama kali ditemukan oleh pengguna Instagram pada 8 Maret 2018 lalu sehingga tidak lama kemudian Snapchat mau pun Instagram menghapus fitur GIF dengan menghentikan sementara kemitraannya dengan Giphy.

Tak lama berselang, pada akhir Maret 2018 ini, akhirnya fitur GIF di Instagram kembali aktif setelah Giphy menerima laporan dan melakukan peninjauan di mesin pencarinya sebanyak empat kali.

Tidak hanya itu, Giphy secara resmi meminta maaf kepada sejumlah aplikasi yang telah menjadi mitranya dan juga ke berbagai pihak yang terganggu dengan konten gambar rasis yang ditemukan penggunanya.

"Kepada siapa pun yang terganggu, kami minta maaf. Kami bertanggung jawab penuh atas kejadian ini dan dalam keadaan apa pun GIPHY tidak menyetujui atau mendukung konten semacam ini. Kami juga telah menyelesaikan penyelidikan penuh terhadap sistem dan proses moderasi konten kami dan telah membuat perubahan spesifik pada proses kami untuk memastikan hal seperti ini tidak terjadi lagi," tulis Giphy via TechCrunch.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help