TribunBogor/

Alumni IPB Sukses Kembangkan City Farm, Bertani Cara Modern dan Bisa Suplai Sayur ke Supermarket

Ia bersama tim City Farm sangat terbuka untuk berbagi pengalaman dan peluang.

Alumni IPB Sukses Kembangkan City Farm, Bertani Cara Modern dan Bisa Suplai Sayur ke Supermarket
Humas IPB
Alumni IPB kembangkan City Farm, suplai sayur organik ke supermarket 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Yusep Jalaludin dan Muhammad Adhe Putra adalah dua pemuda yang resah dan peduli akan dunia pertanian.

Untuk menjawab keresahannya mereka membuat sebuah unit usaha bernama City Farm., sebuah unit usaha budidaya sayuran dengan teknologi hidroponik berkonsep pertanian kota dengan memanfaatkan lahan sempit.

Yusep adalah alumni dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB).

Motivasi usaha mereka berawal dari tantangan sekaligus sindiran dari salah seorang pemain besar ritel sayuran.

“Ada sindiran kepada saya bahwa tidak banyak  alumni IPB yang bergerak di bidang ritel sayuran sehat. Sebagai penjaga nama almamater, saya merasa tersinggung dan tersadarkan. Maka sejak maret tahun 2017, waktu itu saya pada masa tingkat akhir di IPB, saya mengajak rekan saya dari IPB, mas Adhe Putra untuk berjuang di usaha Agribisnis hidroponik ini serta mengajak dua rekan lainnya,” tuturnya.

Kini usaha yang berada di Bukit Cimanggu City Blok G1 Kota Bogor tersebut telah memasarkan berbagai produk sayuran hidroponik yang sehat dan bergizi.

Produk utamanya adalah sayuran hidroponik (berbagai macam jenis selada). Selain itu mereka menyediakan pula produk mini instalasi hidroponik rumahan, pelatihan hidroponik, bahan dan media hidroponik, produk salad dan jus sayuran hidroponik.

Mereka memasarkan produknya ke ritel supermarket, ke berbagai kafe dan toko sayuran di Bogor dan juga pada konsumen yang berniat datang dan panen langsung di City Farm.

Ia mengungkapkan bahwa ilmu serta pengalaman yang didapat semasa kuliah memiliki peran penting dalam membentuk jiwa pejuang dan wirausahanya.

“Ilmu yang paling berdampak pada jurusan saya sendiri misalnya materi tentang unsur hara tanah, ilmu budidaya tanaman, selain itu juga ilmu berjejaring dengan alumni-alumni IPB yang telah sukses. Waktu itu saya dapatkan di Sabisa Farm IPB,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help