Ingin Hemat Kuota Saat Nonton Video Di Youtube? Yuk Cek Caranya Di Sini !

Semakin tinggi kualitas (resolusi) video yang dipilih, maka bitrate pun semakin besar. Otomatis, kuota data yang terpakai pun akan meningkat pula.

Ingin Hemat Kuota Saat Nonton Video Di Youtube? Yuk Cek Caranya Di Sini !
YouTube
youtube 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kadangkala, keinginan untuk menonton video secara streaming di YouTube, terhambat karena ketakutan kehabisan kuota data internet.

Tak jarang, demi menonton video dari YouTuber kesayangan, subscriber rela mengungsi di tempat yang memiliki akses Wi-Fi, lalu mengunduhnya atau menyimpan video tersebut secara offline untuk dilihat nanti.

Tapi, bagaimana sebenarnya cara menghitung besaran kuota internet yang tersedot saat menonton video di YouTube secara streaming?

Baca: Sebelum Resmi Ditutup, Komunitas Uber Bogor Gelar Perpisahan

Pertama, perlu diketahui bahwa tiap setting kualitas video YouTube memiliki bitrate yang berbeda.

Bitrate biasanya dihitung menggunakan satuan bit per detik, yang dinyatakan dalam ribuan (Kilobit per detik, Kbps, dengan "b" kecil) atau jutaan (Megabit per detik, Mbps).

Apabila dikonversi menjadi satuan byte yang umum digunakan untuk ukuran file dan kuota data, maka 1 byte setara dengan 8 bit, atau dengan kata lain 1 bit sama dengan 0,125 byte.

Byte juga dinyatakan dalam ribuan (Kilobyte, KB, dengan "B" besar), jutaan (Megabyte, MB), triliunan (Gigabyte, GB), dan seterusnya.

Semakin tinggi kualitas (resolusi) video yang dipilih, maka bitrate pun semakin besar.

Otomatis, kuota data yang terpakai pun akan meningkat pula.

Halaman
1234
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help