Tak Mau Gagal Dalam Hidup, Ini Tips 4 Langkah Evaluasi Diri

Uniknya, ada juga sosok yang berkarakter pesimis tetapi mengarah ke perfectionists

Tak Mau Gagal Dalam Hidup, Ini Tips 4 Langkah Evaluasi Diri
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Merasa pesimis saat menghadapi suatu kondisi kerap dialami oleh banyak orang. Pemicunya beragam, namun biasanya karena kurangnya rasa percaya pada diri sendiri.

Uniknya, ada juga sosok yang berkarakter pesimis tetapi mengarah ke perfectionists. Sehingga, biasanya akan membuat dia menjadi over kritis terhadap diri sendiri.

Seperti yang diungkapkan Nadia, wanita yang mempunyai bisnis online di akun instagramnya ini mengaku termasuk orang yang pesimis terhadap diri sendiri terutama jika ada yang menjatuhkannya. Dan cenderung menyalahkan diri sendiri.

Lain hal dengan Dewi, model freelancer ini ingin selalu tampil sempurna di depan orang lain. Tetapi saat ia mengalami kegagalan ia akan menyalahkan orang lain, dendam, dan kritis terhadap diri sendiri kenapa kesalahan yang terjadi padanya.

"Kalau dalam hal ini, motivasi harus diperbaiki. Daripada menyalahkan orang lain lebih baik evaluasi diri dengan bangkit dari kegagalan," kata Dinuriza Lauzi MPsi, psikolog pratisi dan psikolog LPSK kepada Tribun Batam, Jumat (13/4/2018).

Menyimpan dendam tehadap orang lain, khawatir terhadap penilaian orang terhadap kita, hingga over kritis terhadap diri sendiri membuat kita akan tidak merasa lelah sendiri. Bahkan dengan sikap demikian, akan ada fase dimana kamu tidak bisa bangkit sama sekali.

"Mereka yang mempunyai karakter demikian menganggap lingkungan harus mengerti dia. Belajar jadi sempurna tidak masalah tetapi ingat bahwa kita bukan orang yang sempurna," ujarnya.

Agar tidak menyalahkan orang lain dan menyalahkan diri sendiri, perlu fokus terhadap satu bidang dikuasai. Jadi kamu bisa menjadi apapun dan berkembang sesuai dengan bidang yang dikuasai.

"Perlu expert terhadap satu hal saja. Karena orang hebat jarang yang fokus terhadap banyak hal, tidak apa multi talent tetapi hanya fokus satu tidak lebih. Maka kamu akan melakukan yang terbaik dari bidang itu," ungkap Dinuriza.

Setelah fokus terhadap satu bidang, segera ubah pola pikir dan motivasi yang salah. Dan yang terpenting adalah menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri. (*)

Tips Empat Langkah Evaluasi Diri

1. Terima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Evaluasi diri dan ubah motivasi jika mengarah ke arah dendam

2. Fokus terhadap satu hal yang ingin dikembangkan

3. Ubah pola pikir, bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Tidak perlu selalu menjadi yang terbaik dibandingkan orang lain. Tetapi jadilah diri sendiri semaksimal mungkin

4. Jika butuh masukan atau pendapat, carilah orang yang kamu percaya seperti keluarga. Karena orang yang kamu percaya, sangat tepat untuk sharing segala keluh kesahmu. (*)

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help