Kini Mahasiswa Bisa Pinjam Uang ke BTN Untuk Kuliah, Dibayar Setelah Dapat Pekerjaan

Ia juga berharap bunga kredit ini nantinya adalah nol persen untuk mahasiswa, sesuai dengan Undang-undang No 12 tahun 2012.

Kini Mahasiswa Bisa Pinjam Uang ke BTN Untuk Kuliah, Dibayar Setelah Dapat Pekerjaan
Humas IPB

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan program Kredit Pendidikan BTN yang dilaksanakan di Gedung Kemenristek Dikti, Jakarta (10/4/2018).

Program ini merupakan tindak lanjut dari amanat Presiden Jokowi pada perbankan untuk menghadirkan produk keuangan dalam sektor pendidikan.

Hal ini dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.

Menurut data BPS tahun 2017, hanya 8,15  persen dari penduduk Indonesia yang berumur 15 tahun ke atas yang berhasil menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi. 

Dalam era perkembangan teknologi yang cukup drastis saat ini dibutuhkan berbagai inovasi dalam berbagai bidang.

Menristekdikti, Mohamad Nasir menyampaikan bahwa inovasi bisa dilakukan apabila anak Indonesia memiliki kualitas sumberdaya manusia yang tinggi.

Daya saing Indonesia saat ini masih sangat rendah yaitu pada posisi 36 dari 137 negara menurut World Economic Forum Global Competitiveness Index Indonesia.

Nasir mengungkapkan, permasalahan saat ini banyak mahasiswa yang tidak bisa mencapai titik terakhir karena kasus Drop Out atau ketidakmampuan orang tua menyekolahkan anaknya.

Dengan kerjasama ini harapannya mahasiswa yang tadinya hampir gagal dapat menyelesaikan studinya.

Meskipun demikan ia berharap agar BTN dapat memberikan grace periode (masa tenggang) agar pokok pinjaman dapat dibayarkan setelah mendapatkan pekerjaan.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help