Ini Tips Memilih Ban yang Cocok Digunakan di Indonesia yang Tak Melulu Mulus

Di kota-kota besar pun kini juga sedang mengalami keadaan cuaca yang tidak menentu.

Ini Tips Memilih Ban yang Cocok Digunakan di Indonesia yang Tak Melulu Mulus
net
ilustrasi. Ban Motor

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Bagi penggiat motor, memilih ban motor modifikasi jadi hal yang penting, sebab sangat menentukan kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalanan.

Selain berfungsi sebagai pengendali arah laju kendaraan, ban juga berfungsi sebagai peredam getaran dan guncangan sebelum akhirnya diredam sepenuhnya oleh suspensi. Makanya, tidak bisa asal pilih ban.

Apalagi kontur jalanan Indonesia yang tidak melulu mulus, kebutuhan akan ban yang ‘serba bisa’ pun menjadi lebih tinggi. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan atau di kota dengan curah hujan tinggi. Sebab, berkendara saat hujan pasti melewati kondisi jalan yang basah dan licin, membuat motor bisa mengalami selip ban dan terjatuh.

Seperti dilansir dari Planet Ban, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat memilih ban selain ketepatan kompon, salah satunya adalah alur atau kembangan pada ban. Bukan hanya kondisi atau tingkat kedalaman alur pada telapak ban saja yang harus diperhatikan, tapi juga pola ukirannya.

Untuk ban yang digunakan untuk jalanan kering dan juga basah harus memiliki ukiran pola yang cukup dalam untuk bisa membelah air agar ban bisa mencengkram aspal dengan baik ketika jalanan basah. Karena ukiran pada ban berfungsi sebagai jalur sekaligus memecah genangan air, membuat bagian ban yang menonjol bisa lebih baik mencengkram permukaan jalan.

Ban seperti ini sudah banyak tersedia di pasaran, satu diantaranya adalah keluaran brand asli Indonesia, Corsa yang hadir dengan Corsa Platinum Cross S.

Ban Corsa

Dengan desain telapak ban tipe Block yang sporty, ban jenis ini bisa tampil agresif dan maksimal di semua jenis permukaan jalan, baik kering maupun basah. Desain alur bannya didesain lebih dalam sehingga memiliki usia pakai lebih lama sekaligus meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

“Ban itu adalah penyangga yang sangat penting dari kendaraan, jadi performa dari ban adalah komponen yang akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara,” ungkap Youk Tanzil, founder dari Ring of Fire Adventure dalam acara launching Corsa Cross S, Selasa (24/4/2018).

Konstruksi ban ini didesain khusus untuk memaksimalkan performa dan ketahanan ban. Didukung dengan teknologi hybrid compound terbaru, menambah daya tahan dan jarak tempuh yang lebih jauh tanpa mengurangi daya cengkramnya. Ban ini juga memberikan  kestrabilan di jalanan aspal ataupun tanah dengan dinding ban yang kokoh.

Salomon Manalu, Brand Manager Corsa menjelaskan bahwa keunggulan ban ini tidak lepas dari riset dan pengembangan yang dilakukan oleh rim R&D PT Multistrada Arah Sarana Tbk yang melihat kontur jalan di Indonesia sangat beragam, dari halus, berkerikil, hingga basah.

“Corsa Platinum Cross S ditopang oleh teknologi perpaduan kompon carbon black dan silica, lewat aplikasi teknologi ini mampu menghasilkan kompon 50% lebih awet ketimbang jenis kompon lain dan tanpa mengurangi daya cengkram antara ban dan aspal. Sehingga ban ini akan menjadi pilihan yang cocok bagi pengendara off road dan on road baik dari segi kenyamanan berkendara dan juga faktor ekonomi, karena keawetanya ini,” jelas Salomon.

Dengan semua kelebihannya ini, tentunya Corsa Platinum Cross S bisa menjadi pilihan yang tepat. Ban corsa ini pun juga memiliki rim guard yang dirancang sedemikian rupa agar mampu melindungi velg dari benturan.

Kelebihannya tidak berhenti di penggunaan motor sehari-hari saja, ada banyak lagi kelebihan lain yang dimiliki ban dual purpose ini yang bisa dipelajari lebih lanjut di sini.

Penulis: Dessita Chairani

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help