Mahasiswa IPB Borong Tujuh Penghargaan di Olimpiade Nasional MIPA 2018

Dalam olimpiade, setiap peserta melakukan ujian tertulis dalam bentuk esai yang bersifat analytical problem solving pada bidang MIPA

Mahasiswa IPB Borong Tujuh Penghargaan di Olimpiade Nasional MIPA 2018
Humas IPB

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tim Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Perguruan Tinggi (ON MIPA - PT) 2018 Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali meraih prestasi yang membanggakan.

Pada kejuaraan yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 4 - 7 Mei 2018 tersebut, IPB mengirimkan 13 mahasiswa yang berlaga di bidang matematika, fisika, biologi dan kimia.

Tim Biologi IPB berhasil memboyong tiga penghargaan. Siswandi Aji Hutomo, mahasiswa Departemen Biologi FMIPA IPB berhasil memperoleh medali emas ON MIPA di bidang biologi.

Sementara itu, medali perunggu di bidang biologi juga dibawa pulang Meilisa Dwi Nurdiyanti. Dari tim Fisika IPB, medali perak dibawa pulang Muhammad Ahyad.

Prestasi lainnya adalah Gelar Honorable Mention ON MIPA-PT. Di semua bidang gelar ini diraih  mahasiswa IPB.

Di bidang fisika atas nama Nugrah Abil Akbar, di bidang matematika atas nama Grace Reni Agustina, di bidang biologi oleh Muhamad Raffel Sidiq dan di bidang kimia atas nama Sofiatun Hasanah.

ON MIPA merupakan ajang uji kompetensi individu tingkat perguruan tinggi yang setiap tahunnya diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI).

ON MIPA tingkat nasional tahun ini diikuti sebanyak 78 perguruan tinggi yang mengikutsertakan 256 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk 13 orang delegasi IPB di dalamnya.

Dalam olimpiade tersebut, setiap peserta melakukan ujian tertulis dalam bentuk esai yang bersifat analytical problem solving pada bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Pada tahun ini, selain lomba, peserta juga dibekali materi pada acara Workshop dengan tema "Paradigma Pembelajaran ON MIPA di Era Industri 4.0. "

Kasubdit Pengembangan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa,  Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Dr. Ujang Suwarna menyampaikan  proses  yang dilalui mahasiswa IPB tersebut hingga tahap final.

"Sosialisasi dan seleksi ON MIPA IPB sudah dimulai awal Desember 2017. Pembinaan terhadap 28 mahasiswa ON MIPA terpilih telah dilakukan selama bulan Januari hingga bulan Maret 2018. Pada tanggal 21-22 Maret 2018 diadakan seleksi ON MIPA di tingkat wilayah Jabodetabek dan terpilih 13 mahasiswa dari 28 mahasiswa tadi. Sebanyak 13 mahasiswa terpilih tersebut dibina dari bulan April hingga Mei 2018. Lalu dilakukan seleksi ON MIPA Nasional dan tujuh mahasiswa berhasil memperoleh medali," tutur Dr. Ujang.

Dilihat dari prestasi mahasiswa IPB di ON MIPA dalam kurun lima tahun terakhir, mahasiswa IPB tidak pernah absen membawa medali dan harapan besar disematkan kepada tim ON MIPA IPB di ajang tahun depan agar lebih baik lagi. "Harapannya prestasi mahasiswa IPB di ON MIPA pada tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini, sehingga reputasi dan peringkat IPB terus meningkat," tambah Dr.Ujang. (Ff/ris)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved