Home »

Metro

Munasain Tampil Lebih Modern, Begini Penampakannya Sekarang

Enny menjelaskan bahwa intinya adalah ingin mengembangkan bagaimana kekayaan alam bukan hanya tumbuhan.

Munasain Tampil Lebih Modern, Begini Penampakannya Sekarang
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain) memperkenalkan ruang Introduksi paska revitalisasi pada 2016 lalu.

Kini Munasain pun berubah wajah dengan tampilan lebih modern.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati pada LIPI, Prof Dr Enny Sudarmonowati yang juga sebagai penggagas utama berdirinya museum mengatakan bahwa Proses revitalisasi dan pengembangan Munasain dilakukan secara bertahap dari lantai perlantai.

"Kalau story line untuk keseluruhan lima lantai sudah ada,  jadi ruang introduksi yang di launching  kali ini secara fisik, berubah total dari yang semula, tampil barunya sudah edukatif, komunikatif, dan interaktif, walaupun masih perlu dilengkapi banyak multimedia," katanya.

Enny menjelaskan bahwa intinya adalah ingin mengembangkan bagaimana kekayaan alam bukan hanya tumbuhan.

"Iya intinya bagaiamana interaksi manusia dengan lingkungannya dan alamnya jadi ruang introduksi ini merupakan  gambaran evolusi manusia dan biographi manusia dengan lingkungannya di awal awal," ujarnya.

Enny juga menjelaskan bahwa proses revitalisasi itu juga didukung oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direkrorat Pajak Wilayah III Jawa Barat.

Di ruang introduksi ini pun terdapat ruangan multimedia yang dapat menampilkan audiovisual tentang alam Indonesia dan isi museum secara keseluruhan.

"Selain itu ada juga pameran temporer yang bertema Aromatik, rempah dan pewarna alam alami sampai Desember mendatang, jadi pameran ini nantinya bisa dibentuk kreatif agar menjadi daya tarim untuk pengunjung nantinya," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help