Erupsi Gunung Merapi

Gunung Merapi Meletus Lagi, Rumah Warga Dihujani Abu Tipis

Petugas BPBD sudah membagikan masker kepada masyarakat di wilayah tersebut. Warga juga tetap beraktivitas seperti biasa.

Gunung Merapi Meletus Lagi, Rumah Warga Dihujani Abu Tipis
Kolase TribunBogor
Gunung Merapi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gunung Merapi kembali mengalami letusan freatik dalam skala kecil, Senin (21/5/2018), sekitar pukul 01.25 WIB.

Letusan berlangsung 19 menit dengan tinggi kolom 700 meter. Meski lebih kecil dari letusan Jumat (11/05/201), namun berdampak pada hujan abu tipis.

Hujan abu tipis terjadi di pemukiman warga di lereng gunung tersebut, antara lain di Desa Dukun, Desa Kemiran, dan Desa Kaliurang.

"Hujan abu di sebagian wilayah Kecamatan Srumbung akibat letusan freatik ini," ujar Edi Susanto, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Senin (21/5/2018).

Petugas BPBD sudah membagikan masker kepada masyarakat di wilayah tersebut. Warga juga tetap beraktivitas seperti biasa.

Baca: Awalnya Takjub, Pendaki Gunung Tiba-Tiba Panik Lihat Erupsi Gunung Merapi Semakin Membesar

Sejumlah truk para penambang pasir juga terlihat berjaga di Kecamatan Srumbung.

"Kami imbau masyarakat untuk tenang, tetap beraktivitas biasa. Status Gunung Merapi masih aktif normal," imbau Edi.

Seperti diberitakan, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat ada letusan freatik skala kecil di puncak Gunung Merapi sekitar pukul 01.25 WIB.

Akibatnya, terjadi hujan abu tipis di sekitar lereng Gunung Merapi terutama di Barat-Barat Daya Merapi, yakni Cawang Bebeng dan Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Letusan Freatik, Hujan Abu Tipis Terjadi di Sekitar Gunung Merapi"

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help