Info Mudik 2018

Mudik 2018, Menteri Perhubungan Klaim Kecelakaan Turun Hingga 31 Persen

Dengan menurunnya jumlah kendaraan pribadi pemudik, penggunaan moda transportasi umum mengalami kenaikkan.

Mudik 2018, Menteri Perhubungan Klaim Kecelakaan Turun Hingga 31 Persen
Istimewa
Mobil yang terkena tabrakan beruntun di jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Depok, Rabu (13/6/2018). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan data hingga H-3 Hari Raya Idul Fitri, angka kecelakaan menurun hingga 31%.

Dalam memaparkan laporan arus mudik hingga H-3 di Pos Pantau Jasa Marga di Gerbang Cikarang Utama, Budi mengatakan angka tersebut masih hasil rekapitulasi catatan data dari Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

 "Laka-laka itu (angka) kecelakaannya turun dari 1409 menjadi 719 berarti 31%, sedangkan untuk korban meninggal dunia dari 278 menjadi 140 turun 49%, tapi ini memang kita catat di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah belum menghitung secara nasional," ujar Budi saat pemaparan kepada awak media, Rabu (13/6/2018).

Budi menjelaskan pada mudik lebaran tahun 2018 ini, penggunaan kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat mengalami penurunan.

"Data sampai hari kemarin dibandingkan tahun yang lalu, angkutan darat menggunakan motor itu turun cukup banyak. Roda dua turun sebanyak 39%, sedangkan roda empat 24%," ujarnya.

Dengan menurunnya jumlah kendaraan pribadi pemudik, penggunaan moda transportasi umum mengalami kenaikkan.

Seperti untuk moda transportasi umum udara meningkat sebesar 15% dari tahun sebelumnya, dengan proyeksi pada tahun ini meningkat 4%.

Sedangkan untuk moda transportasi umum laut dari 30 ribu jumlah kapasitas yang dipersiapkan, sudah diokupasi sebesar 90%.

Sebagai tambahan informasi, hingga H-3, Budi mengatakan sudah 80% pemudik sudah meninggalkan Jakarta menuju kampung halamannya masing-masing.

(Tribunnews.com/ Brian Priambudi)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help