Alumni IPB Kembangkan Situs Makanan Halal, Cocok Untuk Traveller Milenial Muslim

para traveller juga bisa mencari makanan halal sendiri dengan cara memasukan kategori kuliner serta nama kota di dalam mesin pencari website ini.

Alumni IPB Kembangkan Situs Makanan Halal, Cocok Untuk Traveller Milenial Muslim
Istimewa
Halalfoodtrace.com 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini kembangkan situs untuk memberikan informasi tentang lokasi tempat makanan halal di Indonesia.

Situs ini bernama Halalfoodtrace.com, memuat semua daftar kuliner mulai dari makanan, minuman hingga oleh-oleh khas daerah destinasi wisata di Indonesia.

Menurut sang pengembang, Aditya Ginantaka, website ini memungkinkan orang terutama traveller muslim menemukan tempat makan yang sudah terjamin kehalalannya lengkap dengan nomor sertifkat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca: Korban Selamat Sempat Ditertawakan Saat Pakai Pelampung, Dihampiri Wanita di Tengah Danau Toba

"Meskipun penduduk muslim di Indonesia mayoritas, akan tetapi menemukan tempat makan yang halal dan sudah tersertifikasi masih sulit dilakukan," ungkap Aditya dalam keterangannya, Senin (25/6/2018).

Selain itu, para traveller juga bisa mencari makanan halal sendiri dengan cara memasukan kategori kuliner serta nama kota di dalam mesin pencari website ini.

Lanjut Aditya, Halalfoodtrace.com akan menampilkan daftar kuliner lengkap dengan informasi lokasi melalui fitur 'get direction' disertai peta jalan atau rute ke lokasinya.

"Website ini juga cocok sekali untuk Milenial muslim karena menyediakan informasi lengkap untuk mencari cemilan dan juga tempat nongkrong yang bukan hanya asyik dan kekinian akan tetapi juga terjamin halalnya," katanya.

Baca: Korban Selamat Sempat Naik Bangkai Kapal KM Sinar Bangun, Kaki Ditarik dan Lihat Air Banyak Darah

"Cukup klik menu, Cemilan atau Nongkrong, semua informasi yang dibutuhkan, bisa dengan cepat ditampilkan," tambah pria yang kini berstatus sebagai dosen di Universitas Djuanda Bogor ini.

Aditya mengatakan bahwa Halalfoodtrace.com ini dikembangkan sebagai salah satu inisiatif untuk menghadirkan solusi bagi traveller muslim saat berwisata.

Selain itu, lanjut dia, website ini juga merupakan hasil riset dari peneliti di Fakultas Ilmu Pangan Halal, program studi Teknologi Industri yang memenangkan Hibah penelitian dari Kemenristekdikti di tahun 2017.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved