Ketahuan Petik Edelweis di Merbabu, Pendaki Ini Disuruh Pungut Sampah dan Di-Blacklist

Namun populasi bunga berjuluk bunga keabadian itu semakin hari semakin sedikit akibat ulah para pendaki yang tidak bertanggungjawab.

Ketahuan Petik Edelweis di Merbabu, Pendaki Ini Disuruh Pungut Sampah dan Di-Blacklist
edelweiss-angelflower.blogspot.co.id
edelweis 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Seorang pendaki asal Kabupaten Batang bernama Rudianto dihukum membersihkan sampah setelah ketahuan memetik bunga edelweis di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb).

Belakangan video aksi pemuda tersebut menyebar di media sosial instagram dan menuai kecaman dari sebagian besar warganet.

Kepala TNGMb Edy Sutiyarto menjelaskan kejadian itu bermula ketika petugas melakukan patroli di TNGMb, Selasa (3/7/2018) pagi.

Sampai di pos Sabana II, petugas melihat pemuda berkaos hitam itu sengaja memetik beberapa kuntum bunga edelweis.

"Kebetulan petugas kami sedang patroli, saat melintas di Sabana II melihat pendaki itu memetik edelweis. Petugas langsung memanggilnya, ajak ngobrol dia, para pendaki lainnya yang ada disitu juga kami kumpulkan," jelas Edy, dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (4/7/2018).

Mbah Mijan Terawang Kasus Nining Setelah 17 Bulan Hilang Terseret Ombak, Alami Perjalanan Spiritual?

Petugas kemudian meminta pendapat para pendaki lainnya terkait hukuman apa yang pantas diberikan untuk pemuda itu.

Hingga akhirnya disepakati pemuda itu harus memunguti sampah yang ada di kawasan dengan ketinggian sekitar 2.700 meter dari permukaan laut (mdpl) itu.

"Kami minta pendapat kawan pecinta alam yang ada disitu, bahwa ada (pendaki) yang berani memetik edelweis, sebaiknya diberi hukuman apa. Dia (pendaki) akhirnya disuruh bersih-bersih sampah lalu dibawa sampai turun," ungkapnya.

Edy berujar, Rudianto bersama teman-temannya mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Petugas basecamp di Suwanting telah mencatat identitas yang bersangkutan dan memberi catatan hitam dilarang mendaki Gunung Merbabu selama 1 tahun ke depan.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved