Jurnal Ilmiah IPB Raih Hibah pada Ajang Sinta Award 2018

sampai tanggal 22 Juni 2018, publikasi ilmiah Indonesia di tingkat ASEAN berdasarkan data di Scopus sebanyak 12.233.

Jurnal Ilmiah IPB Raih Hibah pada Ajang Sinta Award 2018
Humas IPB
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengadakan SINTA (Science and Technology Index) Award (4/7/2018). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengadakan SINTA (Science and Technology Index) Award (4/7/2018).

SINTA merupakan wahana pendataan, pemetaan dan pengukuran kinerja publikasi, sitasi, kekayaan intelektual hasil penelitian dan pengabdian masyarakat untuk diseminasi dan rekognisi kinerja penelitian Indonesia.

Tak dapat dipungkiri bahwa publikasi ilmiah mencakup jumlah dan sitasi menjadi salah satu indikator dalam pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia.

Acara yang berlangsung di gedung Kemenristekdikti Jakarta ini sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal di Indonesia. Hadir dalam kesempatan ini jajaran pejabat Kemenristekdikti, rektor perguruan tinggi, peneliti dan berbagai instansi pemerintah lainnya.

Menristek Dikti, Mohamad Nasir dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa publikasi ilmiah saat ini memegang peranan penting sebagai bukti pertanggungjawaban ilmiah hasil penelitian sehingga dapat dikenal luas secara global.

Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti menjelaskan sampai tanggal 22 Juni 2018, publikasi ilmiah Indonesia di tingkat ASEAN berdasarkan data di Scopus sebanyak 12.233.

Jumlah ini menduduki posisi ke dua setelah Malaysia sebanyak 12.492 dan sudah melampaui Singapura sebanyak 9.543.

“Selisih capaian Indonesia dan Malaysia kini semakin menipis, hanya 259 publikasi, apabila dibandingkan empat tahun lalu, selisih dapat mencapai lebih dari 20.000 publikasi. Hal ini berarti ada kemajuan luar biasa bagi publikasi Indonesia. Baik dari sisi jumlah dokumen maupun pertumbuhan dokumen. Namun peningkatan kualitas tulisan atau dokumen perlu terus menerus ditingkatkan,” ujarnya.

Pemberian SINTA Award diberikan untuk 3 kategori besar yaitu (1) award untuk Institusi Litbang/Perguruan Tinggi, (2) award untuk Individu Peneliti, dan (3) award untuk Pengelola Jurnal, yang mencakup 20 sub-kategori rinci yang dibuat berdasarkan pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh stakeholders dari perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada dosen, peneliti, institusi dan pengelola jurnal yang telah menunjukkan prestasi yang nyata dalam peningkatan publikasi dan jurnal ilmiah.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help