Home »

Bogor

Manfaatkan Selokan Untuk pelihara Ikan, Kampung di Bogor Sudah Dua Kali Dapat Penghargaan

Selain itu, untuk kebersihan saluran air atau selokan pun, warga kampung ini kompak menjaga kebersihannya sambil memelihara ikan.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Kampung Ciasin, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor ini sudah dua kali mendapatkan penghargaan Ecovillage Award.

Sebab, warga kampung ini sangat disiplin terkait keberadaan sampah, sehingga kampung ini tampak bersih.

Selain itu, untuk kebersihan saluran air atau selokan pun, warga kampung ini kompak menjaga kebersihannya sambil memelihara ikan.

Terpantau, ketika melintasi gang atau jalan kecil di perkampungan ini, mata akan disuguhkan dengan banyaknya ikan-ikan bergeliat di sepanjang selokan.

"Pertama-tama kita hampir Rp 100 juta (keluarkan biaya), tanam ikan, masyarakat untuk mengadakan ini, modal awal, intinya ini untuk ngebebasin kita dari sampah," kata Ketua Ecovilage Baraya Desa Bendungan, Irfa Satiri, kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (9/8/2018).

Ia mengatakan bahwa budidaya ikan sambil memelihara kebersihan sungai ini dimulai sejak tahun 2016 lalu dan sejak itu kampung Ciasin kata dia sudah dua kali mendapat penghargaan Ecovillage Award dari Provinsi Jawa Barat.

Ia juga menuturkan bahwa ikan-ikan berjenis ikan mas dan nila yang ditanam itu juga kerap dipanen warga setiap 3 bulan sekali sehingga bisa membantu perekonomian.

"Pokok utamanya sungai ini bersih dari sampah, itu aja, bener-bener budidaya ikan, terbuka lagi, agar kita bisa lihat, enak kan, seger kan," pungkas Satiri.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help