Pilpres 2019

Mahfud MD Bicara Dugaan Ancaman Pada Jokowi, Ma'ruf Amin Bersiap Ibadah Haji

"Mengantar dan mendoakan keberangkatan Kyai Ma’ruf Amin ke Tanah Suci, semoga menjadi haji mabrur, doakan kita semua ya Kyai," tulis Muhaimin

Mahfud MD Bicara Dugaan Ancaman Pada Jokowi, Ma'ruf Amin Bersiap Ibadah Haji
kolase Tribunnews
Mahfud MD dan Ma'ruf Amin 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Mahfud MD secara blak-blakan bahwa dirinya gagal jadi cawapres di detik-detik terakhir karena adanya dugaan ancaman dari Ma'ruf Amin yang diberikan pada Jokowi.

Hal tersebut secara langsung diungkapkan Mahfud MD saat menjadi bintang tamu di Indonesia Lawyers Club (ILC) Selasa (14/8/2018) malam dalam tajuk berjudul 'ILC Antara Mahar Dan PHP'.

Dalam penuturan Mahfud MD selama 39:33 menit, ia menceritakan kronologi lengkap saat dirinya mengetahui dari Muhaimin, ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bahwa Ma'ruf Amin diduga memberikan ancaman kepada Jokowi.

Menurut Mahfud MD, Muhaimin menyaksikan Ma'ruf Amin meminta salah satu kader NU, Robikin untuk memberikan ancaman kepada Jokowi bahwa kalau tidak memilih Ma'ruf Amin, maka NU tidak bertanggung jawab secara moral atas pemerintahan ini kalau bukan kader NU yang diambil.

Mahfud MD sebelum meninggalkan tempat acara, bersumpah bahwa semua yang dikatakannya ini beserta nama-nama yang disebutkan dapat dipertanggungjawabkan.

"Tapi ini sudah selesai permainan ini, tapi semua sumber yang saya sebutkan itu bisa dipertanggungjawabkan, kalau ada yang membantah, bantah saja," tutur Mahfud MD.

Bertepatan saat Mahfud MD menyampaikan 'rahasia besar' tersebut, rupanya di lain tempat Said Aqil Siradj ketua Umum PBNU, Muhaimin Iskandar bersama kader NU yang lain tengah mengadakan pertemuan jelang pelepasan Ma'ruf Amin yang akan berangkat haji.

Muhaimin Iskandar bahkan mengunggah beberapa foto terkait momen tersebut di akun Twitter pribadinya, Selasa (14/8/2018).

"Mengantar dan mendoakan keberangkatan Kyai Ma’ruf Amin ke Tanah Suci, semoga menjadi haji mabrur, doakan kita semua ya Kyai," tulis Muhaimin Iskandar di akun Twitter @cakimiNOW sekira 22 jam yang lalu.

Dalam foto tersebut, terlihat raut wajah-wajah bahagia. Ma'ruf Amin pun bahkan ikut tertawa.

Halaman
1234
Penulis: Uyun
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved