Berikan Fasilitas Layanan KB Berkualitas, BKKBN Gandeng TNI

pengendalian kuantitas penduduk dilakukan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara jumlah penduduk dengan lingkungan hidup.

Berikan Fasilitas Layanan KB Berkualitas, BKKBN Gandeng TNI
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOOR.COM, TANAHSAREAL - Pelayanan KB yang berkualitas bekontribusi terhadap penurunan angka kematian Ibu, untuk itu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan  pemerintah berupaya dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk melalui pelaksanaan Program Keluarga Berencana (KB) bagi pasangan usia subur (PUS).

Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, pengendalian kuantitas penduduk dilakukan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara jumlah penduduk dengan lingkungan hidup.

Satu diantaranya adalah  upaya pemerintah dengan memberikan pelayanan KB yang berkualitas.

Upaya pemberian fasilitas tersebut diantaranya adalah dengan membuat Forum peningkatan pelayanan KB MKJP di Fasilitas Kesehatan TNI dengan tema melalui kegiatan forum peningkatan pelayanan KB MKJP Di Faskes TNI kita sinergikan program BKKBN dan TNI dalam rangka meningkatkan akses fasilitas pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi untuk mendukung ketahanan nasional.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Bersama antara TNI dengan BKKBN dalam pelaksanaan Revitalisasi Program KB Nasional," katanya usai membuka forum kegiatan di Hotel Sahira, Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Rabu (12/8/2018).

Sigit menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KBKR, selanjutnya adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dan kendala dalam meningkatkan pelayanan KB di Faskes TNI.

"Selain itu juga untuk mensosialisasikan kebijakan dan strategi program dalam upaya peningkatan pelayanan KB Era JKN di Faskes dan mensinergikan program KBKR dengan program TNI, Saat ini Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) menjadi salah satu program prioritas pemerintah," ucapnya.

Sementara itu Kasubdit Bina KB Rumah Sakit dan Klinik Pemerintah BKKBN Pusat, Wahidah Paheng yang juga ketua paniyia mengatakan bahwa acara tersebut diadakan selama tiga hari.

"Jadi besok itu ada pemaparan tiga panel narasumbernya Direktur Kesehatan Kemenkes, ada dari Direktur Primer Kemenkes dan BPJS, dan dari Dilap tentang data-data Kb BKKBN," ujarnya.

Wahidah menambahkan bahwaiya kerjasama dengan Faskes itu diantaranya adalah dengan TNI.

"Karena di TNI itu ada TNI Faskes, karena selama itu penggarapan KB - KB didaerah itu selain  faskes kesehatan lainnya TNI juga sangat aktif untuk melakukan pelayanan Kb di Fasilitas TNI nya, untuk output yang dicapai diantaranya adalah meningkatkan komitmen terhadap pelayanan kb di Faskes TNI, untuk psertanya ada 33 Provisin BKKBN , dan 33 Pengelola KB dalam hal ini Faskes TNi dan ada juga BKKBN pusat terdiiri dari Direktur jalur pemerintah dan beberapa direktorat kedeputian KBKR," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved