Seminar Internasional IPB, 84 Persen Anak Indonesia Pernah Alami Kekerasan

Seminar dengan dua sesi yaitu keluarga dan konsumen ini menghadirkan para ahli dari empat negara yaitu Indonesia, Australia, Malaysia dan Thailand.

Seminar Internasional IPB, 84 Persen Anak Indonesia Pernah Alami Kekerasan
Humas IPB
1st International Seminar on Family and Consumer Issues dengan tema “Challenge Family in Asia: Present and Future” 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pembangunan sumberdaya manusia suatu bangsa tak terlepas dari peran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat.

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan 1st International Seminar on Family and Consumer Issues dengan tema “Challenge Family in Asia: Present and Future”.

Bertempat di IPB International Convention Center, Bogor (4/9) kegiatan ini dihadiri oleh sekiranya 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga di Indonesia.

“Indonesia, layaknya negara-negara lainnya, menghadapi tantangan dan dampak dari revolusi 4.0 yang ditandai dengan penggunaan internet yang begitu tinggi. Informasi beredar bebas, tak terkecuali pada anak-anak. Bahkan anak-anak pun sudah dapat memesan makanan via gadget. Baik buruknya informasi yang diterima tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga khususnya orang tua,” ujar Dr. Drajat Martianto, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan mewakili Rektor IPB dalam sambutannya.
Walikota Bogor, Dr. Bima Arya yang turut hadir juga menyatakan hal yang serupa.

Ia manyatakan bahwa pembangunan kota Bogor tidak hanya tentang pembangunan fisik namun juga tentang perkembangan sosial dan mental masyarakatnya.

“Anak-anak kita harus dibangun dalam pondasi karakter dan tentu ini bukan langkah yang mudah. Generasi milenial miliki caranya sendiri dalam bertindak. Kita berada dalam era internet yang seharusnya menarik dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ketika nilai-nilai dalam keluarga dibangun dengan kuat, maka bangsa pun akan menguat pula,” paparnya.

Dalam kesempatan ini Dr. Bima juga menyebutkan beberapa program pembangunan keluarga yang telah dilakukan di Kota Bogor. Misalnya “Sekolah Ibu” yang diadakan untuk sekitar 60 orang penduduk di Kota Bogor.

Seminar dengan dua sesi yaitu keluarga dan konsumen ini menghadirkan para ahli dari empat negara yaitu Indonesia, Australia, Malaysia dan Thailand.

Pembicara untuk sesi keluarga antara lain Dr. Rumaya Juhari dari Universiti Putra Malaysia, Wimontip Musikaphan Ph.D dari Mahidol University Thailand, Prof. Euis Sunarti dari IPB dan Prof. Alina Morawski dari Queensland University.

Sedangkan untuk sesi konsumen diisi oleh Dr. Sarinah Azizah Haron dari Universiti Putra Malaysia dan Dr. Megawati Simanjuntak dari IPB.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved