MotoGP 2018

Valentino Rossi Sebut Perubahan Regulasi Tak Selamatkan Yamaha

Rossi tidak setuju sepenuhnya karena menurutnya masalah akselerasi pada motor Yamaha YZR-M1 tidak hanya diakibatkan oleh performa mesin saja.

Valentino Rossi Sebut Perubahan Regulasi Tak Selamatkan Yamaha
crash
Paddock Valentino Rossi, Termas de Rio Hondo, Argentina. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi tidak sepakat dengan pendapat yang mengatakan bahwa diperlukan perubahan regulasi untuk mengatasi permasalahan yang timnya derita pada ajang MotoGP 2018.

Seperti diketahui, regulasi mewajibkan tim non-konsesi (ditentukan berdasarkan jumlah podium pada musim sebelumnya) untuk tidak melakukan update mesin sepanjang musim kejuaraan berlangsung.

Regulasi ini dipercaya menjadi faktor dibalik turunnya performa Repsol Honda pada 2015, Suzuki Ecstar pada 2017, dan yang terbaru adalah Movistar Yamaha.

Namun demikian Rossi tidak setuju sepenuhnya karena menurutnya masalah akselerasi pada motor Yamaha YZR-M1 tidak hanya diakibatkan oleh performa mesin saja.

"Memang benar jika dengan regulasi (penyegelan mesin) Anda tidak dapat melakukan perubahan dalam semusim. Tetapi bagi saya, elektronik (ECU) juga menjadi sumber masalah terbesar dan itu bisa dikerjakan saat musim berlangsung," kata Rossi dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Jadi bagi saya bukan masalah regulasi. Kami harus memperbaiki mesinnya, dan itu sebagian dari permasalahannya tetapi tidak keseluruhan," imbuh Rossi.

Pada sisi lain, rekan satu tim Valentino Rossi, yaitu Maverick Vinales, merasakan adanya perkembangan dengan peranti elektronik saat tes privat di Sirkuit Misano dan Sirkuit Aragon.

Rossi pun mengakui adanya perbaikan dalam hal elektronik meskipun baginya itu bukan lompatan besar dalam usaha timnya mengembalikan kekompetitifan motornya.

"Sayangnya bagi saya itu bukan sebuah kemajuan yang besar. Tetapi saya harap saya yang salah dan Maverick yang benar," ucap Rossi.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan mengetahui performa motor mereka saat digelarnya seri balap MotoGP Aragon pada akhir pekan ini, 21-23 September 2018.

Andai kembali gagal mendulang poin penuh saat seri balap MotoGP berikutnya di Sirkuit Aragon, Spanyol, Yamaha akan mengalami puasa kemenangan terpanjangnya pada ajang MotoGP.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Valentino Rossi Sebut Perubahan Regulasi Tak Selamatkan Yamaha dari Masalah Akselerasi Motor

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved