Ini Alasan Banyak Orang Mencari Mobil Bekas di Daerah Bogor

kecenderungan orang daerah membeli mobil bekas karena adanya perbedaan harga yang cukup tinggi di suatu daerah.

Ini Alasan Banyak Orang Mencari Mobil Bekas di Daerah Bogor
TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu
ilustrasi mobil bekas 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Sachril Agustin Berutu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Supervisor Marketing Bintang Anugerah Mobilindo, Raden, mengatakan, banyak pedagang showroom dari daerah lebih memilih membeli mobil bekas di daerah Bogor.

Ia mengatakan, kecenderungan orang daerah membeli mobil bekas karena adanya perbedaan harga yang cukup tinggi di suatu daerah.

"Misalnya mobil Honda Jazz. Harga mobil Jazz di sini dengan yang di Riau itu beda sekira Rp 21 juta. Apalagi mobil baru, lebih mahal," katanya, di jalan Raya Tajur No. 81, Bogor Timur, Rabu (3/10/2018).

Raden menjelaskan, banyak pedagang daerah yang lebih memilih membeli mobil di Bogor ketimbang di Jakarta karena melihat kondisi mesin dan kilometernya (km).

Di Jakarta, lanjut Raden, lalu lintasnya macet. Sementara mobil sendiri, meski berada di kemacetan, mesin akan tetap bekerja dan menyala.

"Tapi kilometer juga berpengaruh. Di Jakarta, ada segelintir orang yang nakal dan curang dengan menurunkan kilometer mobil. Kalau kami pedagang di Bogor kan apa adanya, dan kami berpatokan dari buku servis kendaraan. Kalau kilometer tinggi ya tinggi, kalau rendah, ya rendah. Jadi sesuai track recordnya," pungkasnya.

Tambahnya, daerah Jakarta Utara pula, adalah kawasan rawan banjir.

Di sana, airnya asin dan rawan karat.

Namun, untuk Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, sambung Raden, masih lebih aman dari banjir ketimbang Jakarta Utara.

"Banyak juga yang nakal dari kelengkapan surat kendaraan. Istilah kami aspal, asli tapi palsu. Jadi surat-surat kendaraan itu palsu, bukan asli," terangnya.

Karena beberapa faktor ini yang menyebabkan lebih banyak pedagang daerah yang membeli mobil di Bogor.

Tempat Raden bekerja, Bintang Anugerah Mobilindo, di kawasan Tajur, telah memiliki banyak pelanggan dari berbagai daerah.

"Biasanya setiap sabtu mereka datang untuk membeli mobil. Mereka dari berbagai daerah, ada yang dari Semarang, Madiun, Surabaya, Jambi, Padang, Palembang, dan masih banyak lagi," tutup Raden.

Penulis: Sachril Agustin Berutu
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help