Ini Cara Pegawai Pemda Gadungan Tipu Pengelola Mobil Rental, Gadaikan Puluhan Mobil

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menjelaskan cara pelaku mendapatkan uang dari penggelapan dan penipuan mobil sewaan

Ini Cara Pegawai Pemda Gadungan Tipu Pengelola Mobil Rental, Gadaikan Puluhan Mobil
TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu
Tiga Pelaku penggelapan mobil ditemui saat rilis ungkap kasus penipuan dan penggelapan mobil di Mapolresta Bogor Kota, Jumat (9/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Sachril Agustin Berutu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menjelaskan cara pelaku mendapatkan uang dari penggelapan dan penipuan mobil sewaan di Kota Bogor.

Ulung mengatakan, dari ketiga pelaku, AO (41), N (44), dan H (45), tersangka AO merupakan kapten atau otak dari sindikat ini.

Saat akan menipu, AO akan mengaku sebagai petugas dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bogor.

Ketika berpura-pura menjadi petugas Pemda, AO akan menyasar pihak rental mobil dan perorangan.

Pelaku akan mengimi-imingi korban dengan bayaran besar agar tergiur.

Agar korban percaya, AO pun mengaku bahwa sekarang ini sedang ada proyek besar yang dikerjakan Pemda Kabupaten Bogor dan butuh banyak mobil.

Ditanya Hotman Paris Soal Godaan Pria, Luna Maya Akui Pernah Diajak Bertemu Pejabat dengan Cara Ini

"Setelah korban tergiur dan memberi mobilnya, AO akan langsung memberikan kendaraan tersebut ke dua temannya. Rekannya ini, N dan H, yang akan menggadaikan mobil korban serta dijadikan jaminan atas pinjaman uang," katanya, di Polresta Bogor Kota, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (9/11/2018).

Ia menambahkan, dari penipuan yang dilakukan, AO menerima delapan mobil dari rental Melehoy Cuy.

Kemudian, AO kembali berhasil menyewa 22 mobil dari Ruli Rental dan 19 unit dari Aji Rental.

"Setelah berhasil mendapatkan mobil, AO langsung menyerahkan kendaraan tersebut ke tersangka N sebanyak 40 mobil. Lalu pelaku H juga, menerima 7 unit kendaraan dari AO. Kedua rekannya ini langsung pergi ke berbagai tempat untuk menggadaikan mobil sewaan tersebut," tambahnya.

Maia Estianty Pamer Foto Sarapan Berdua Bareng Irwan Mussry: Breakfast dengan Teman Hidup

Penggelapan yang sudah dilakukan pelaku selama sekira sembilan bulan ini, dari Februari 2018 sampai Oktober 2018, berhasil diketahui kepolisian berkat laporan yang diajukan pemilik rental mobil, yakni dari Melehoy Cuy, Ruli Rental, dan Sumarji Rental, pada 21 Oktober 2018.

Setelah menerima laporan, kepolisian Polsek Bogor Barat yang dibantu jajaran petugas Polresta Bogor Kota, langsung melakukan pencarian dan menangkap ketiga pelaku pada Minggu (21/10/2018) pukul 02.00 WIB.

"Dari penangkapan ini, pelaku mengaku menyewa 49 mobil. Kerugian ditafsir sekira Rp 3,2 miliar. Namun, kasus ini masih dalam pengembangan dan penyelidikan. Ketiga tersangka pun dijerat dengan Pasal 372 KUHP dan Pasal 378 KUHP," jelasnya.

Penulis: Sachril Agustin Berutu
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved