Ratusan Pesilat Bertanding di Atas Laut Bangsring Banyuwangi

Di pagelaran "Silat On The Sea", Salsabila memperagakan seni silat Tapak Suci dan tunggal IPSI serta ganda IPSI.

Ratusan Pesilat Bertanding di Atas Laut Bangsring Banyuwangi
Kompas.com
Salsabila (merah) sedang memeragakan seni silat di atas panggung bambu yang diletakkan di atas permukaan laut Pantai Bangsring Banyuwangi Sabtu (17/11/2018)(KOMPAS.COM/Ira Rachmawati) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Ratusan pesilat berkumpul di Pantai Bangsring Banyuwangi untuk mengikuti pagelaran Silat On The Sea pada Sabtu (17/11/2018).

Pantai Bangsring adalah salah satu objek wisata berbasis konservasi di Banyuwangi yang terkenal dengan nama Bangsring Underwater.

Para pendekar dari belasan perguruan silat ini menggelar pertandingan silat di atas panggung berukuran 6 x 8 meter, yang diletakkan di atas permukaan air laut berjarak 70 meter dari bibir pantai.

Selain itu, 16 pesilat juga beraksi di bawah laut Bangsring.

Mereka memeragakan jurus silat di kedalaman lima meter perairan Bangsring selama kurang lebih 20 menit.

"Khusus untuk pesilat yang di bawah air adalah para mahasiswa yang memiliki sertifikat selam dan bergabung dalam perguruan silat. Mereka berasal dari Jogyakarta, Surabaya dan Malang. 14 menggunakan tabung sedangkan 2 orang free diving," jelas Ikhwan Arief, ketua kelompok nelayan Samudera Bakti Pantai Bangsring Banyuwangi kepada Kompas.com, Sabtu (17/11/2018).

Selama 10 tahun, kelompok nelayan Samudera Bakti menanam karang di wilayah perairan Bangsring yang rusak karena pengeboman, penggunaan potas dan pengambilan karang.

Atraksi silat di bawah air juga sebagai bentuk kampanye pentingnya menjaga ekosistem bawah laut.

Ikhwan menjelaskan, panggung yang ada di bawah air dibangun di area lapang sehingga tidak menggangu terumbu karang yang ada.

Selain itu, pagelaran "Silat On The Sea" ini sengaja di gelar di Pantai Bangsring Banyuwangi sebagai bentuk promosi sportainment (olahraga hiburan) yang melibatkan atlet silat di Banyuwangi.

Halaman
12
Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved