3 Pertimbangan Geopark Pongkor Ditetapkan Jadi Geopark Nasional

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan bahwa ada tiga poin yang menjadikan Geopark Pongkor layak mendapatkan sertifikasi.

3 Pertimbangan Geopark Pongkor Ditetapkan Jadi Geopark Nasional
TribunnewsBogor.com/Afdhalul Ikhsan
Geopark Pongkor di Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Afdhalul Ikhsan

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, NANGGUNG - Geopark Pongkor resmi berubah statusnya menjadi Geopark Nasional, Jumat (30/11/2018).

Pemberian sertifikat Geopark Nasional ini melalui beberapa pertimbangan, salah satunya Geopark Pongkor memiliki poin yang dinilai bagus di setiap kriteria standar geopark dunia.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan bahwa ada tiga poin yang menjadikan Geopark Pongkor layak mendapatkan sertifikasi.

"Hal itu bisa dinilai dari keanekaragaman geografisnya, biologisnya dan budayanya yang sangat luas biasa," ucap Nurhayanti dalam sambutannya di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jumat (30/11/2018).

Selain itu, Geopark Pongkor juga dikelilingi oleh 15 kecamatan di Bogor dan berada di kawasan taman gunung halimun salak lengkap dengan aliran sungai yang sangat indah.

"Kelima belas Kecamatan tersebut kami kembangkan menjadi geopark. Hal ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari lingkungan alam konservasi serta bagian tengahnya dialiri Sungai Cisadane,” terangnya.

Adapun 15 kecamatan yang disebutkan diantaranya, Kecamatan Nanggung, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Tenjo, Kecamatan Tenjolaya, Kecamatan Leuwiliang, Kecamatan Leuwisadeng, Kecamatan Ciampea, Kecamatan Ciseeng, Kecamatan Jasinga, Kecamatan Pamijahan, Kecamatan Parung, Kecamatan Rumpin, Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kecamatan Cibungbulang.

Terpisah, Ketua UKM IKM Kecamatan Leuwiliang, Bety yang juga ikut menghadiri acara sertifikasi mengatakan bahwa dengan adanya sertifikasi nasional membuat Geopark Pongkor akan memiliki beragam objek wisata.

festival UMKM di Geopark Pongkor
festival UMKM di Geopark Pongkor (TribunnewsBogor.com/Afdhalul Ikhsan)

"Saya yang terlibat di UKM Bogor dan diundang ke acara ini sangat bangga karena wisatawan tak hanya memperlajari objek wisata tapi juga akan tertarik dengan kuliner Bogor," ucapnya saat ditemui TribunnewsBogor.com di lokasi.

Ia berharap Pemerintah setempat juga ikut mempersiapkan masyarakat sekitar, mulai dari pengembangan dan pelatihan-pelatihan UKM agar masyarakat setempat menjadi semakin baik, dan dikenal dunia.

"Iya pasti bagus dan tentunya harapan kami pemerintah juga bisa menjadikan UKM Bogor menarik perhatian dunia," terang wanita yang juga aktif di Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Penulis: Afdhalul Ikhsan
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved