Ada Gambar Mirip Lambang Partai di Soal Ujian SD, Ini Klarifikasi Disdik Kabupaten Bogor

Ia menjelaskan bahwa nama-nama dan lambang partai memang terdapat dalam silabus serta buku sumber pelajaran PKN kurikulum 2006.

Ada Gambar Mirip Lambang Partai di Soal Ujian SD, Ini Klarifikasi Disdik Kabupaten Bogor
ISTIMEWA
Soal ujian murid SD di Klapanunggal, Kabupaten Bogor yang ada gambar mirip lambang partai di Indonesia 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Baru-baru ini soal ujian SD di Klapanunggal jadi bahan perbincangan karena di dalamnya terdapat soal bergambar mirip salah satu lambang partai.

Kasi Penilaian dan Kurikulum Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Wawan Kuswandi dalam klarifikasi tertulisnya menyampaikan permintaan maaf terkait hal ini.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tak bermaksud melakukan kampanye atas partai peserta pemilu.

"(Ini) Hanya bagian dari penilaian terhadap daya nalar anak tentang partai-partai peserta pemilu," kata Wawan dalam keterangannya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (30/11/2018).

Ia menjelaskan bahwa nama-nama dan lambang partai memang terdapat dalam silabus serta buku sumber pelajaran PKN kurikulum 2006.

Terkait soal ujian nama partai yang menjadi perbincangan karena dianggap bernuansa kampanye, menurutnya masih relevan dengan materi pelajaran.

"Namun kami menyadari saat ini berada pada masa kampanye. Soal tersebut diasumsikan oleh sebagian orang sebagai sosialisasi tanda gambar partai peserta pemilu. Atas tersebut kami tegaskan kembali tidak bermaksud melakukan sosialisasi atau kampanye atas tanda gambar organisasi peserta pemilu," ungkapnya.

Sebelumnya, para guru di SDN Cibulakan, di Desa Linggarmukti, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor dikejutkan oleh soal ujian untuk para muridnya.

Di dalam soal ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk mata pelajaran PKN kelas 6 ini ditemukan adanya lambang salah satu partai di Indonesia.

Lambang tersebut bergambar banteng hitam dalam lingkaran.

Bahkan di dalam soal tersebut, murid diminta untuk menyebutkan nama partai dari gambar yang ditunjukan.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved