Mahasiswa IPB Manfaatkan Benih Tanaman Jadi Souvenir Unik, Namanya Agrisouv

Kami menamakannya Agrisouv (Agriculture Souvenir), produk souvenir pertanian yang memanfaatkan benih tanaman dan packagingnya menggunakan bahan bekas

Mahasiswa IPB Manfaatkan Benih Tanaman Jadi Souvenir Unik, Namanya Agrisouv
ISTIMEWA
souvenir benih tanaman 'Agrisouv' buatan Mahasiswa IPB 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Souvenir kini telah menjadi barang yang sering dicari ketika berkunjung ke sebuah tempat.

Bahkan bisnis souvenir ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan.

Ditangan-tangan kreatif keempat mahasiswa manajemen Institut Pertanian Bogor memanfaatkan benih tanaman menjadi souvenir unik dan menarik yang memiliki nilai jual.

"Kami menamakannya Agrisouv (Agriculture Souvenir), produk souvenir pertanian yang memanfaatkan benih tanaman dan packagingnya menggunakan bahan bekas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi," kata Elmaiza, owner dari Agrisouv.

Lanjutnya,  ia menjalani bisnis Agrisouv ini bersama rekan satu jurusannya dari Mahasiswa Manajemen IPB, yakni Thari Fajri, Andita dan Alina.

Pada awalnya, bisnis ini ingin direalisasikan pada tahun 2017.

suvenir benih tanaman Agrisouv
suvenir benih tanaman Agrisouv (ISTIMEWA)

Namun, melihat keterbatasan modal dan ide Elma belum mampu mewujudkannya.

Hingga pada pertengahan tahun 2018 setelah Elma mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan mengikuti berbagai macam tahapan, akhirnya Elma terpilih menjadi salah satu peserta yang mendapatkan modal dari program tersebut.

Sehingga terbentuklah tim bisnis Agrisouv yang perlahan berkembang dan mulai di komersialisasikan.

Dalam mengkreasikan Agrisouv menjadi souvenir menarik, Elma memanfaatkan 6 benih tanaman khas IPB yaitu benih timun, benih bunga matahari, benih okra merah, benih rumput gandum dan benih jagung putih.

Selain itu, Elma juga mengemas benih tersebut dalam packaging yang unik terbuat dari bahan bekas seperti kain perca dengan labeling yang menarik serta terdapat tata cara penanaman benih tersebut.

Elma juga menuturkan, tujuan lain dari bisnis ini yaitu dengan adanya Agrisouv (Agriculture Souvenir) ini diharapkan mampu untuk mem-branding IPB yang merupakan perguruan tinggi pertanian di Indonesia.

Saat ini, pemasaran dari Agrisouv sendiri menggunakan media promosi media social seperti instagram, line dan facebook dengan harga souvenir Rp. 7000 per produk.

"Kami juga aktif mengikuti kegiatan pameran seperti dalam acara Pasar Rakyat Tani IPB, stand pertanian di Botani Square dan stand dalam program Kewirausahaan Mandiri Indonesia," tuturnya.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved