Pembunuhan di Papua

31 Pekerja Dibunuh di Papua, Mabes Polri Sebut Tidak ada Penjagaan di Lokasi Proyek Jembatan

Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjend Pol Mohammad Iqbal menjelaskan selama ini tidak ada pengamanan di lokasi pengerjaan proyek Trans-Papua

31 Pekerja Dibunuh di Papua, Mabes Polri Sebut Tidak ada Penjagaan di Lokasi Proyek Jembatan
Grafis Tribun-Video/ Alfin Wahyu
31 pekerja pembangunan jembatan dan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Minggu (2/12/2018). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjend Pol Mohammad Iqbal menjelaskan selama ini tidak ada pengamanan di lokasi pengerjaan proyek Trans-Papua, khususnya di wilayah Wagete-Mamugu.

Area tersebut, menurutnya tidak menjadi zona khusus pengamanan pihak Polri guna menjaga pengerjaan pembangunan.

"Selama ini tidak, walaupun ada di Kabupaten Nduga ada penembakan juga pesawat yang mengangkat logistik pemilu," jelas dia di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/11/2018).

Hal itu diperkuat dengan pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menerangkan, saat para pekerja memulai pekerjaan jembatan Trans-Papua.

Alasannya, warga sekitar selama pembangunan berlangsung, tidak ada yang menolak.

Terlebih, ia menyebut, jembatan tersebut sangat ditunggu warga.

"Warga sebenarnya sudah menjamin keamanan para pekerja. Sehingga belum ada pengamanan yang maksimal di sana," jelasnya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Seperti diberitakan sebelumnya, Polda Papua membenarkan adanya informasi 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, dibunuh kelompok KKB.

Sebanyak 31 orang yang bekerja perusahaan milik BUMN PT Istaka Karya, yang saat ini bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah Papua itu, sampai saat ini jenazahnya belum bisa diambil.

Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengungkapkan, bersama Kapolda Papua akan langsung ke lokasi terkait informasi 31 pekerja yang dikabarkan tewas dibunuh kelompok KKB.

Penulis: Amriyono Prakoso  

(Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mabes Polri Sebut Tidak ada Penjagaan di Lokasi Pengerjaan Proyek)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved