Soekarno Sering Ziarah ke Makam Raden Saleh, Duduk Di Atas Dinding Batu Sambil Menghadap Makam

sang Proklamator Indonesia Ir Soekarno sering ziarah dan berkunjung ke Makam Raden Saleh yang merupakan pelukis legendari dari Indonesia.

Soekarno Sering Ziarah ke Makam Raden Saleh, Duduk Di Atas Dinding Batu Sambil Menghadap Makam
TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana Aditama
Makam Raden Saleh, maestro pelukis tanah air yang berada di gang sempit di Gang Raden Saleh, Kelurahan Empang, Bogor Tengah, Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tidak banyak yang tahu kalau sang Proklamator Indonesia Ir Soekarno sering ziarah dan berkunjung ke Makam Raden Saleh yang merupakan pelukis legendaris dari Indonesia.

Hal itu pertama kali dilakukan Soekarno saat mengetahui ada sebuah makam yang diketahui ternyata makam milik Raden Saleh, maetro pelukis asal Indonesia yang namanya mendunia.

Cucu dari Mas Adoeng Wiraatmadja yang pertama kali menemukan makam Raden Saleh, Sandra mengatakan bahwa saat itu makam tersebut pertama kali ditemukan oleh kakeknya.

Sandra menceritakan bahwa saat itu kakeknya merasa tidak nyaman dengan banyaknya rumput ilalang di halaman depan rumahnya.

"Iya rumah kakek kan tepat di depan makam ini, di depan ruma itu banyak rumput ilalangnya tinggi tinggi, pas dibersihin ada makam tapi nisannya itu persis nisan zaman kolonial," katanya Selasa (4/11/2018) saat ditemui di area makam di Gang Raden Saleh, Kelurahan Empang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Entah apa yang dibicarakan kakeknya itu kepada pemerintah, tidak lama setelah penemuan makam tersebut Pemerintah Indonesia pun langsung melakukan renovasi.

Makam Raden Saleh
Makam Raden Saleh (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

"Kakek saya itu kan Jaksa gitu, jadi enggak tau apa yang dibilangnya ke pemerintah, kemudian ini di renovasi tapi karena nisannya berbau kolonial kemudian ikut dikuburkan," katanya.

Sandra menjelaskan bahwa dari cerita kakeknya itu Soekarno sering datang ke makam tersebut untuk berziarah.

Bahkan biasanya Soekarno duduk di dinding batu yang berada di depan makam.

area makam Raden Saleh
area makam Raden Saleh (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Soekarno duduk diantara pohon Cempaka Gondok dan angsaw.

"Iya kalau dari cerita kakek beliau sering kesini, beliau kan juga memang suka lukisan jadi beliau menghargai juga ke Raden Saleh ini, biasanya kata kakek Pak Karno suka duduk di situ di atas dinding, di bawah pohon itu, kan adem," katanya

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved