Berharap Bantuan Pemerintah, Bangunan di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor Banyak yang Rusak

Sejumlah bangunan di Kampung Budaya Sindang Barang diwilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor saat ini tampak banyak yang rusak parah.

Berharap Bantuan Pemerintah, Bangunan di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor Banyak yang Rusak
TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu
Atap bangunan di Kampung Budaya Sindangbarang diwilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor saat ini tampak banyak yang rusak parah, Rabu (5/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Sachril Agustin Berutu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAMANSARI - Sejumlah bangunan di Kampung Budaya Sindang Barang diwilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor saat ini tampak banyak yang rusak parah.

Pantauan TribunnewsBogor.com di lokasi, Rabu (5/12/2018), bagian atap bangunan tampak ditambal dengan sponge.

Dinding bangunan yang terbuat dari bilik pun, banyak yang sudah rusak.

Kokolot Kampung Budaya Sindangbarang, Ukat Sukatma mengatakan, ada 22 bangunan di Kampung Budaya Sindang Barang dan hampir seluruhnya rusak parah.

Hampir seluruh atap, dinding, dan lantai bangunan sudah banyak yang rusak.

Untuk meminimalisir kerusakan yang ada pun, dikatakannya, hanya dengan penambahan saja agar rumah adat tidak bocor ketika turun hujan.

"Kalau tidak dilakukan perbaikan kecil, malah makin rusak bangunan di sini. Bangunan di sini kan dari kayu," katanya, di Kampung Sindang Barang, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Rabu (5/12/2018).

Bangunan di Kampung Budaya Sindangbarang diwilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor saat ini tampak banyak yang rusak parah, Rabu (5/12/2018).
Bangunan di Kampung Budaya Sindangbarang diwilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor saat ini tampak banyak yang rusak parah, Rabu (5/12/2018). (TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu)

Ia menambahkan, atap-atap rumah adat banyak yang bolong dan rusak lantaran termakan usia.

"Kalau terkena angin, injuk (atap) bakal sedikit terbuka. Kalau terbuka, air bakal masuk ke dalam bangunan dan akan meresap ke kayu bangunan. Makanya, lama kelamaan kayu akan reyot dan melunak," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Sachril Agustin Berutu
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved