Google Rilis Fitur Pencarian Lowongan Kerja, Begini Cara Penggunaannya

Pengguna cukup mengetik kata kunci "lowongan kerja" di kotak teks mesin pencarian Google.

Google Rilis Fitur Pencarian Lowongan Kerja, Begini Cara Penggunaannya
Tribun Kaltim
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Google merilis fitur baru yang memudahkan penggunanya untuk mencari lowongan kerja melalui Google Search.

Fitur tersebut adalah "Jobs on Google Search".

Cara kerjanya mirip dengan platform bursa pencarian kerja lain.

Bedanya, Google berperan sebagai agregator yang menghimpun semua informasi lowongan kerja dari beberapa platform yang digandeng seperti karir.com, Jobstreet, Urban hire, maupun situs resmi dari perusahaan penyedia lowongan.

"Berbagai informasi lowongan kerja bisa diakses dengan mudah karena sudah terorganisir dengan kriteria-kriteria yang paling relevan," jelas Mira Sumanti, Consumer Marketing Manager Google Indonesia, dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Pengguna cukup mengetik kata kunci "lowongan kerja" di kotak teks mesin pencarian Google.

Nantinya, Google akan memberikan referensi berdasarkan lokasi pencarian.

"Jika ingin mencari referensi lowongan pekerjaan di daerah lain, cukup menambahkan daerah tujuan, misalnya "lowongan kerja Medan", imbuh Mira sambil mendemonstrasikan cara kerja Jons on Google Search di atas panggung.

f
Tampilan fitur Jobs in Google Search(Kompas.com/Wahyunanda Kusuma)

Pengguna bisa memilih informasi pekerjaan sesuai kategori yang diingankan, seperti bidang Computer & IT, Advertising & Marketing atau sebagainya.

Jenis pekerjaan, apakah penuh waktu, kontrak, atau paruh waktu juga bisa disesuaikan ke hasil pencarian. Selain informasi tentang perusahaan yang membuka lowongan, hasil pencarian juga akan memuat kualifikasi pegawai yang ditentukan oleh perusahaan.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved