Memasuki Tahun Politik, Rektor Minta IPB Harus Netral

Rektor IPB, Dr Arif Satria menekankan agar IPB di era disrupsi ini bisa beradaptasi terhadap segala perubahan yang terjadi.

Memasuki Tahun Politik, Rektor Minta IPB Harus Netral
Humas IPB
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria menyampaikan Laporan Kinerja Semester I Tahun 2018 dalam Sidang Paripurna Terbuka Majelis Wali Amanat (MWA), Jumat (28/9), di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Direktorat Perencanaan, Pemonitoran dan Evaluasi (Ditrenbang) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) di IPB International Convention Center (IICC), Selasa (4/12/2018).

Musrenbang tahap II ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan pembahasan rencana program atau kegiatan dan anggaran IPB tahun 2019.

Dalam sambutannya, Rektor IPB, Dr Arif Satria menekankan agar IPB di era disrupsi ini bisa beradaptasi terhadap segala perubahan yang terjadi.

"Saat ini bukan lagi persoalan besar atau kecil, namun siapa yang cepat beradaptasi dan bisa memanfaatkan peluang, merekalah yang akan bertahan," ujarnya.

Selain itu, Rektor IPB juga menjelaskan bahwa program tahun 2019 sesuai dengan Renstra IPB 2019-2023 adalah Excellent Innovation Ecosystem.

"Excellent Innovation Ecosystem ini antara lain penetapan sistem insentif yang berkeadilan dan terbuka, pengembangan sistem informasi dan komunikasi yang handal dan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dan inovasi," katanya.

Penetapan rancangan program ini menurutnya, didasarkan kepada perkiraan pendapatan 2019, program prioritas dan kebutuhan dasar IPB 2019, usulan program atau kegiatan pada musrenbang 2018, program atau kegiatan tahun sebelumnya dan program penugasan dari pemerintah.

Rektor IPB juga memberikan beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam implementasi program atau kegiatan IPB tahun 2019.

Pertama, Rektor IPB mengingatkan bahwa tahun 2019 merupakan tahun politik, sehingga IPB harus bersikap netral.

Kedua, Arif Satria juga berpesan agar setiap unit bisa tetap menjaga efektivitas dan efisiensi pengguna anggaran serta bisa mencari sumber-sumber pendanaan alternatif, terutama dengan memperbanyak program kerjasama.

Musrenbang tahap II ini dihadiri oleh seluruh pejabat struktural IPB, mulai rektor dan wakil rektor, dekan dan wakil dekan, ketua departemen, kepala biro, kepala kantor, direktur hingga kepala pusat.

Sementara itu, Prof Dr Ir Agus Purwito, M.Sc. Agr, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan berharap dengan berkumpulnya semua pejabat ini, mampu menghadirkan ide, saran dan masukan yang positif bagi perencanaan program atau kegiatan IPB tahun 2019. (*)

 
 

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved