Ini Jawaban Guru yang Pasang Gambar Mirip Lambang Partai di Soal Ujian SD di Bogor

PA pun diperiksa di kantor Bawaslu Kabupaten Bogor oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor bidang Penindakan Pelanggaran, Abdul Haris.

Ini Jawaban Guru yang Pasang Gambar Mirip Lambang Partai di Soal Ujian SD di Bogor
ISTIMEWA
Soal ujian murid SD di Klapanunggal, Kabupaten Bogor yang ada gambar mirip lambang partai di Indonesia 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Berdasarkan hasil pemeriksaan Bawaslu Kabupaten Bogor, soal ujian Sekolah Dasar Negeri di Bogor yang berisi logo partai dibuat oleh seorang guru honorer berinisial PA.

PA pun diperiksa di kantor Bawaslu Kabupaten Bogor oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor bidang Penindakan Pelanggaran, Abdul Haris.

Di hadapan Abdul, PA mengaku dalam membuat soal ujian mata pelajaran PKN kelas 6 berlogo partai itu sudah sesuai dengan kurikulum dan silabus yang berlaku seperti sistem pemerintahan, sistem kepartaian dan lain-lain.

"Kebetulan pertanyaannya diunsurkan itu, ada soal pertanyaan, logo di atas merupakan partai apa?. Kita juga tanyakan kenapa (pertanyaannya seperti itu)," kata Abdul kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (7/12/2018).

Selain itu Abdul juga penasaran kenapa loga partai yang dicantumkan hanya partai tertentu sedangkan di antara partai lain yang jumlahnya cukup banyak.

Abdul menjelaskan bahwa terkait bentuk soal, PA memiliki alasan agar siswa mudah untuk menjawab soal tersebut.

"Alasannya soal itu kan dibuat agar memudahkan siswa untuk menjawab. Ini kan subjektif menurut pandangan yang bersangkutan. Di antara partai yang ada, timbangannya mudah dikenal oleh siswa itu, gitu. Ternyata banyak juga yang gak bisa jawab," ungkapnya.

Bentuk soal ujian ini, kata dia, ditemukan di SD-SD di Kecamatan Klapanunggal.

Namun, bentuk yang hampir sama juga ditemukan di Kecamatan Tenjo dan Jasinga.

"Di kecamatan lain hampir sama dengan Klapanunggal, hanya kita masih akan minta keterangan, kenapa soal di kecamatan lain soalnya sama dengan Klapanunggal. Kemungkinan mereka mengambil masternya dari sana. Entah secara langsung atau tidak," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved