Puting Beliung Bogor

Penjelasan BMKG soal Angin Puting Beliung di Batutulis Bogor

Alhasil, pusaran angin lemah di selat Sunda sebelah barat Jawa Barat membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) dan perlambatan angin.

Penjelasan BMKG soal Angin Puting Beliung di Batutulis Bogor
istimewa
Angin puting beliung terjang Bogor Selatan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Angin puting beliung yang terjadi di wilayah Batutulis, Kota Bogor bagian selatan, pada pukul 15.00 WIB, Kamis (6/12/2018) kemarin, menyebabkan empat mobil tertimpa pohon tumbang dan rumah rusak karena atap rumah terbang.

Kepala Stasiun BMKG Bandung Toni Sukma Wijaya menjelaskan kondisi atmosfer berdasarkan citra satelit himawari, antara pukul 14.30 - 15.30 WIB terpantau awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus meliputi wilayah kota Bogor bagian selatan.

"Awan tersebut dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, puting beliung serta kilat atau petir," ujar Toni melalui pesan singkatnya, Jumat (7/12/2018).

Alhasil, pusaran angin lemah di selat Sunda sebelah barat Jawa Barat membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) dan perlambatan angin di wilayah Jawa Barat.

"Hal ini mendukung terbentuknya suplai awan hujan di wilayah Jawa Barat," tuturnya.

Ke depan, prakiraan cuaca BMKG memperlihatkan masih ada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, kilat atau petir di wilayah Bogor.

Meski begitu, Toni mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada, serta menjauhi pohon-pohon yang rindang atau bangunan-bangunan yang rapuh.

"Usahakan tidak keluar rumah di saat hujan lebat disertai angin kencang, petir atau kilat. Bagi pengendara motor agar menghindari genangan air dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat disertai angin," pesan Toni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Kata BMKG soal Angin Puting Beliung di Batutulis Bogor" 
Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Aprillia Ika

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved