Meriah Pesta Rakyat Tani 2018, Ada Sayur Bayam, Sawi Hingga Kangkung

Pasar Rakyat Tani dimulai pada tahun 2014 dengan diikuti oleh lima kelompok tani yang sepakat untuk membuat kegiatan promosi produk pertanian.

Meriah Pesta Rakyat Tani 2018, Ada Sayur Bayam, Sawi Hingga Kangkung
Humas IPB
Agrisocio Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pasar Rakyat Tani 2018. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Supaya masyarakat bisa menikmati hasil atau produk pertanian secara langsung, Agrisocio Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pasar Rakyat Tani 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan di Botani Square, Bogor (2-3/8/2018) lalu.

Melalui kegiatan ini masyarakat atau konsumen bisa bertemu langsung dengan petani sehingga dapat bertanya tentang produk-produk pertanian yang dihasilkan.

"Pasar Rakyat Tani ini sudah dimulai sejak lama, awalnya di Kampus IPB Dramaga kami mengumpulkan beberapa petani supaya mempromosikan produk-produk mereka untuk dijual secara langsung kepada konsumen," ujar Alfi Irfan, Founder Agrisocio.

Secara historis Pasar Rakyat Tani dimulai pada tahun 2014 dengan diikuti oleh lima kelompok tani yang sepakat untuk membuat kegiatan promosi produk pertaniannya.

Promosi tersebut diwujudkan dengan mengadakan Pasar Rakyat Tani di Kampus IPB Dramaga.

Dengan mengusung konsep yang berbeda, Pasar Rakyat Tani kali ini lebih menyasar konsumen kelas menengah ke atas.

Pasalnya penyelenggaraan Pasar Rakyat Tani dilaksanakan di mall Botani Square yang identik dengan konsumen kelas menengah ke atas.

"Tidak hanya bisa membeli produk pertanian kepada petaninya langsung, pembeli juga dapat bertanya-tanya tentang proses dihasilkannya produk tersebut, atau bahkan ikut membantu petani dengan memberikan investasi kepada petani," kata Alfi.

Pada kegiatan Pasar Rakyat Tani kali ini, sedikitnya ada 30 kelompok tani yang menjual produk pertaniannya.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved