Sempat Ditutup, Ekowisata Mangrove di Muaragembong Bekasi Kembali Dibuka

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembangkan ekowisata mangrove.

Sempat Ditutup, Ekowisata Mangrove di Muaragembong Bekasi Kembali Dibuka
Humas IPB
Launching Ekowisata Mangrove Muaragembong dilaksanakan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Untuk menghindari konflik tenurial di kawasan hutan Muaragembong, Bekasi, Pusat Kajian Resolusi Konflik (Care), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembangkan ekowisata mangrove.

Care IPB Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Perhutani, Pemerintah Desa Pantai Mekar, Pemerintah Kecamatan Muaragembong dan Pokdarwis Citra Alam Bahari untuk mewujudkan kawasan ekowisata di Desa Pantai Mekar Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi.

Launching Ekowisata Mangrove Muaragembong dilaksanakan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, November lalu.

Kegiatan launching ini ditandai dengan dibukanya kembali lokasi ekowisata mangrove setelah sebelumnya sempat ditutup karena mengalami proses perbaikan dan revitalisasi.

Menurut Prof Rizal Syarief, Ketua Dewan Penasihat Care IPB, wilayah Muaragembong merupakan kawasan hutan yang sarat dengan konflik tenurial.

Oleh karena itu Care IPB memilih strategi kolaboratif dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumberdaya di wilayah ini.

"Strategi ini merupakan strategi win-win solution, sehingga diharapkan menjadi strategi efektif sebagai solusi konflik. Model kolaborasi yang diterapkan pada program ini mengadopsi model ABG-C-nya IPB,” ujarnya.

ABG-C merupakan Konsep Kemitraan yang melibatkan Academician, Busnessman, Goverment, Community.

Akademisinya adalah Care IPB yang berperan untuk meningkatkan kapasitas kelompok serta mendampingi Pokdarwis sebagai pengelola ekowisata.

Secara khusus Care IPB menugaskan dua orang sarjana IPB untuk mendampingi program ini.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved