Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Kembali Melemah Dilevel Rp 14.605 per dolar AS

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan Selasa (11/12/2018) dibuka melemah

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Kembali Melemah Dilevel Rp 14.605 per dolar AS
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang karyawan saat menghitung mata uang dalam bentuk pecahan Rp 50.000 dan pecahan Rp 100.000 di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan Selasa (11/12/2018) dibuka melemah pada posisi Rp 14.605 per dolar AS.

Sebelumnya, pada perdagangan kemarin, Rupiah ditutup melemah pada posisi Rp 14.553 per dolar AS.

Di pasar spot, hari ini Rupiah ditransaksikan pada kisaran Rp 14.605 - Rp 14.620 per dolar AS.

Dalam risetnya, Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada, mengatakan, pergerakan Rupiah di awal pekan cenderung bergerak melemah seiring rilis beberapa data makroekonominya yang di bawah ekspektasi.

Kata Reza, kemungkinan, pelemahan data-data tersebut sebagai imbas dari terjadinya perang dagang yang pada akhirnya mempengaruhi aktivitas bisnis di kedua negara.

“Dengan adanya rilis tersebut, timbul asumsi penilaian The Fed kemungkinan tidak akan agresif dalam menaikan suku bunganya,” kata Reza.

Bahkan di internal The Fed sendiri juga menyampaikan kehati-hatiannya terhadap prospek ekonomi AS sehingga turut menurunkan ekspektasi akan kenaikan suku bunga The Fed. “Mulai adanya aksi beli dolar pasca melemah dalam beberapa periode terakhir turut menekan Rupiah,” jelas dia.

Reza memprediksi, hari ini, Rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.561 - Rp 14.442 per dolar AS. “Laju Rupiah masih dimungkinkan untuk kembali bergerak melemah,” kata dia.

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved