Serunya Ngopi Asyik Pinggir Kali, Bebersih Sungai Ciliwung Bogor dan Tebar Benih Ikan

inovatif dan kreatif adalah ngopi asyik pinggir kali yang dilaksanakan di Jembatan Sempur tepatnya di sisi aliran sungai Ciliwung, Sabtu (5/1/2019).

Serunya Ngopi Asyik Pinggir Kali, Bebersih Sungai Ciliwung Bogor dan Tebar Benih Ikan
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
ngopi asyik pinggir Sungai Ciliwung, Sempur, Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Cara unik, inovatif dan berkreasi dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor bersama masyatakat dan komunitas untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memelihara lingkungan.

Satu diantara kegiatan yang inovatif dan kreatif adalah ngopi asyik pinggir kali yang dilaksanakan di Jembatan Sempur tepatnya di sisi aliran sungai Ciliwung, Sabtu (5/1/2019).

Kegiatan itu juga didukung oleh masyarakat kelurahan Sempur, Komunitas Peduli Ciliwung – Bogor dan relawan pegiat lingkungan dari Bogor dan luar Bogor ini juga mengadakan aktifitas bergotong royong membersihkan area sungai Ciliwung dari sampah.

Selain bersih-bersih sungai acara ini juga di sematkan beberapa kegiatan lainnya berupa hiburan musik akustik dari Komunitas Peduli Ciiliwung yaitu Imaginakal dan Twenty Four Seven.

Tidak hanya aksi bersih bersih dan edukasi tentang kopi saja, kegiatan ini juga melakukan pelepasan bibit ikan endemik sungai Ciliwung jenis ikan Soro (ikan Dewa) dan ikan Nilam.

Lurah Sempur, Rena Dafrina mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah bagaimana sungai Ciliwung bebas dari sampah.

" Karena sejalan dengan program walikota yaitu naturalisasi sungai Ciliwung, nanti jika sungainya bersih baru kita akan tata bersama sama, saat ini adalah bagaimana menggerakan warga agara tidak membuang sampah ke sungai," ujar Rena.

Sementara itu, walikota Bogor, Bima Arya menuturkan, bahwa Kota Bogor memiliki tiga jurus dalam mengurusi sungai Ciliwung yakni tidak boleh berhenti, tidak bisa sendiri dan harus selalu berkreasi.

"Pertama, Tidak boleh berhenti yaitu harus terus continue gak ada libur, kedua, tidak bisa sendiri harus berkolaborasi dengan komunitas dan warga, ketiga terus berkreasi, ini kan model yang sangat kreatif menggabungkan barista ada disini," jelasnya.

Jika ketiga jurus ini di jalankan kata Bima, maka akan mencapai tiga target di program Kota Bogor.

"Kalau ini di jalankan insha allah target kita akan tercapai yaitu kuwalitas hidup warga, mencegah banjir dan membangun kawasan wisata air dan kampung tematik yang terpadu," ungkapnya

Pada acara itu juga turut mendukung Kopi Kebun, Dapoer Kaoem dan 4est, Torabika.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved