Eka Ramdani putuskan Gantung Sepatu, Begini Sosoknya di Mata Mantan Pemain Persib Bandung

Keputusan pemain Persib Bandung Eka Ramdani gantung sepatu sempat membuat beberapa rekannya kaget, namun tidak bagi Aji Nurpijal.

Eka Ramdani putuskan Gantung Sepatu, Begini Sosoknya di Mata Mantan Pemain Persib Bandung
TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
LEPAS TENDANGAN : Pemain Persib Bandung Eka Ramdani (kanan) melepaskan tendangan saat menerima umpan bola saat mengikuti latihan di Stadion Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Kamis (29/11). Pelatih membawa 18 pemain dalam menghadapi pertandingan Liga 1 Gojek 2018 lawan Persela Lamongan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Keputusan pemain Persib Bandung Eka Ramdani gantung sepatu sempat membuat beberapa rekannya kaget, namun tidak bagi Aji Nurpijal.

Menurut wing back kiri Persib Bandung era 2000-an, pensiun dari sepakbola adalah hal biasa.

"Kalau saya tidak kaget (dengan pensiunnya pemain Persib Bandung Eka Ramdani), karena memang faktor usia saja, sudah biasa kalau sudah usia mah, sepakbola mah kadang di atas naik, kadang turun, kalau tidak bisa bersaing," ujar Aji Nurpijal, saat ditemui di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (6/1/2019).

Dikatakan Aji Nurpijal, melihat Eka bermain di kompetisi musim 2018, secara skill Eka masih mempuni untuk bermain di level profesional. Namun, faktor usia dan fisik Eka sudah tidak seperti lima tahun lalu.

"Itu keputusan ada di Eka Ramdani untuk penisun, dia yang merasakan situasi dan kondisi disepakbola sekarang, mungkin juga usia fisik, tapi dari segi teknik Eka masih mumpuni, tapi tetap yang bisa merasakan Eka," katanya.

Aji Nurpijal yang juga mantan pemain Persib Bandung ini mengaku pernah bermain bersama Eka selama tiga musim dari 2007-2010.

Di mata Aji, Eka merupakan pemain yang kalem, tak banyak bicara.

"Saya pernah bermain sama Eka itu tahun 2007-2010, sosok Eka dia jarang bicara, tapi dia sosok yang menjadi panutan bagi juniornya, dia bisa membawa rekannya ke arah yang lebih baik," ucapnya.

Meski bermain dalam satu tim, Aji mengaku tidak begitu akrab dengan Eka. Sebab, kata Aji, Eka merupakan orang tertutup.

"Tapi, saya jarang komunikasi sama Eka karena dia jarang bicara, jadi susah diajak becanda, tapi dia orang yang baik," katanya.

Dalam ingatan Aji, momen paling berkesan bermain bersama Eka terjadi pada musim 2009-2010, saat itu, kata Aji, Eka menjadi pemain tengah paling produktif di tim Maung Bandung.

Tercatat, selama musim 2009-2010 Eka bermain selama 2677 menit, dari 31 pertandingannya bersama Persib. Sebagai pemain tengah, musim itu Eka sukses mencetak empat gol.

"Paling berksean itu 2009-2010, Eka sering mencetak gol dan memberikan asist, dia juga kapten yang membimbing rekan satu tim," katanya.

Penulis: Nazmi Abdurrahman

(Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Sosok Eka Ramdani di Mata Aji Nurpijal: Pemain yang Kalem, tapi Baik dan Jadi Panutan)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved