Jual Alkohol Dekat GOR Pajajaran Bogor, Disperindag Bidik Izin Kafe di Jalan Ahmad Yani

Dalam aturan itu disebut bahwa tempat penjualan minuman beralkohol tidak boleh di dekat gelanggang remaja, tempat ibadah, sekolah dan lain sebagainya.

Jual Alkohol Dekat GOR Pajajaran Bogor, Disperindag Bidik Izin Kafe di Jalan Ahmad Yani
TribunnewsBogor.com/Ardhi Sanjaya
cafe Homer Bar yang berada di Jalan Ahmad Yani, Tanahsareal, Kota Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor akan meninjau ulang perizinan penjualan minuman beralkohol di kafe Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kasi Bina Usaha Pasar Rakyat dan Swalayan Disperindag Kota Bogor, Riki Riswanderis mengatakan peninjauan dilakukan karena disinyalir kafe tersebut tak sesuai dengan ketentuan tempat penjualan minuman beralkohol.

Riki mengacu pada Peraturan Wali (Perwali) Kota Bogor nomor 74 tahun 2015 dan Permendag nomor 20 tahun 2014 pasal 28.

Dalam aturan itu disebut bahwa tempat penjualan minuman beralkohol tidak boleh di dekat gelanggang remaja, tempat ibadah, sekolah dan lain sebagainya.

Sementara itu, kafe di Jalan Ahmad Yani yang menjual minuman beralkohol jenis bir sampai minuman keras dengan kadar alkohol di atas 4 persen tersebut berlokasi persis berseberangan dengan Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pajajaran Bogor.

"Ada ketentuan tidak boleh di gelanggang, sekolah dan masjid. Memang ini tidak boleh. Kalau ketentuan berapa meter ga ada," kata Riki saat ditemui TribunnewsBogor.com.

Menurut Riki alasan tempat penjualan minuman beralkohol tidak boleh dijual dekat lokasi-lokasi yang tercantum karena ditakutkan akan mudah dijangkau oleh pelajar.

"Takutnya para pelajar yah membeli minol," kata Riki.

Sementara itu untuk mengetahui kafe di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di seberang GOR Pajajaran itu sudah memiliki izin atau belum, Disperindag akan memeriksanya.

Pasalnya, menurut Riki, izin penjualan minuman beralkohol dikeluarkan langsung oleh Kementerian Perdagangan.

"Kalau sudah ada izinya akan kami tegur agar sesuai dengan ketentuan. Kami akan beritahu ke Kementerian bahwa tempat tersebut berdekatan dengan gelanggang remaja. Ada kemungkinan pencabutan izin," jepas Riki.

"Seingat saya, Disperindag Kota Bogor belum pernah ngeluarin izin untuk yang di Jalan Ahmad Yani," ungkap Riki.

Riki menjelaskan, penjualan minuman beralkohol memang diizinkan, namun harus tetap sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur.

"Belum (izin), ilegal dia. Nanti kami cek ke lokasi, dipastiin dulu. Izinnya seperti apa, kalau melanggar pasti kami tindak," tutup Riki.(*)

Penulis: Ardhi Sanjaya
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved