Menhub Berharap Penyebab Jatuhnya Lion Air PK-LQP di Tanjung Karawang Terungkap

Menhub Budi Karya Sumadi menyelipkan satu harapan pasca ditemukannya black box berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP

Menhub Berharap Penyebab Jatuhnya Lion Air PK-LQP di Tanjung Karawang Terungkap
Dok. Pushidrosal
Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Lion Air JT 610 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi menyelipkan satu harapan pasca ditemukannya black box berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610.

Pesawat itu jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Oktober 2018 lalu.

"Ini memberikan suatu makna bagi upaya kita menemukan penyebab dari kecelakaan ini," ujarnya di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Sebelumnya, kata Budi, pihak Indonesia sampai menggunakan konsultan atau kapal dari Singapura untuk mencari CVR. Namun demikian, upaya itu tak membuahkan hasil.

Justru KRI Spica-934 dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang digandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil menemukan CVR Lion Air PK-LQP tersebut.

"Saya bangga justru karena ini menggunakam KRI AL, oleh karena itu saya mengapresiasi," kata Menhub.

Soal data di CVR itu, Menhub mengatakan pasti butuh waktu untuk mengungkapnya kepada publik. Pemerintah sepenuhnya menunggu hasil penyelidikan akhir dari KNKT.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CVR Lion Air JT-610 Ditemukan, Menhub Harap Penyebab Kecelakaan Terungkap"

Editor: Damanhuri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved