Pilpres 2019

Jubir Prabowo-Sandiaga Usul Debat Capres-Cawapres Selanjutnya Tak Diberi Kisi-kisi

Tidak adanya kisi-kisi maupun contekan, menurut Dahnil, akan membuat kandidat lebih bebas menyampaikan pendapatnya di atas panggung.

Jubir Prabowo-Sandiaga Usul Debat Capres-Cawapres Selanjutnya Tak Diberi Kisi-kisi
Tribunnews/Jeprima
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengusulkan supaya pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tak diberi kisi-kisi pada debat pilpres selanjutnya.

Selain mengusulkan tak ada kisi-kisi, Dahnil juga usul supaya capres-cawapres tak usah membawa contekan di atas panggung debat.

"Nanti kita akan mendorong supaya debat pada ke 2, 3, 4, 5 itu supaya enggak perlu ada kisi-kisi lagi. Kedua juga enggak perlu ada contekan," kata Dahnil dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Tidak adanya kisi-kisi maupun contekan, menurut Dahnil, akan membuat kandidat lebih bebas menyampaikan pendapatnya di atas panggung.

Masing-masing capres dan cawapres dapat mengungkapkan isi kepalanya ke hadapan publik seandainya tak ada kisi-kisi dan contekan.

Hal ini dinilai lebih efektif untuk menyampaikan visi, misi, dan program pasangan calon sesuai dengan tujuan debat itu sendiri.

"Biarkan semua isi kepala dari capres-cawapres itu dieksplorasi ke depan publik, yang dibutuhkan dari debat itu dari kepemimpinan itu adalah isi otaknya, isi jiwanya," ujar Dahnil.

Debat perdana Pilpres 2019 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis (17/1/2019).

Tema yang diangkat adalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi.

Peserta debat adalah pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Diterapkan dua metode lontaran pertanyaan, yaitu adalah model pertanyaan terbuka dan tertutup.

Model terbuka artinya, kisi-kisi pertanyaan sudah lebih dulu diserahkan ke peserta sebelum penyelenggaraan debat.

Sedangkan pada model tertutup, masing-masing pasangan calon mengajukan pertanyaan ke paslon lainnya.

Selain ada dua model lontaran pertanyaan, peserta debat juga dibolehkan membawa contekan atau catatan materi yang akan ia sampaikan dalam debat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dahnil Usul Debat Capres-Cawapres Selanjutnya Tak Diberi Kisi-kisi"
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Dian Maharani

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved