2.000 Pasangan Ajukan Cerai ke Pengadilan Agama Kota Bogor, 25 Persen Diantaranya Rujuk

Kata Yusuf dari 2000 gugatan yang masuk 25 persen diantaranya kembali rukun dan berdamai.

2.000 Pasangan Ajukan Cerai ke Pengadilan Agama Kota Bogor, 25 Persen Diantaranya Rujuk
Huftingtonpost.com
Ilustrasi perceraian 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAHSAREAL - Pengadilan Agama Kota Bogor mencatat pada tahun 2018 ada 2.000 lebih pasangan yang mengajukan gugatan cerai.

"Satu hari itu ada diangka 30-50 pasangan yang mengajukan gugatan karena dalam satu tahun ada sekitat 2.000 lebih jadi jika dibagi satu hari itu ada di bawah 50 pengajuan," kata Humas Pengadilan Agama Fathullah Yusuf.

Kata Yusuf dari 2000 gugatan yang masuk 25 persen diantaranya kembali rukun dan berdamai.

"Di Kota Bogor dalam satu tahun itu sekitar 2000, 25 - 30 persen, kmungkinan untuk kembalinya kecil, hanya 25 persen dari 100 persen," katanya.

Karena kata Yusuf pasangan, baik itu suami atau istri yang mengajukan gugatan biasanya mereka sudah bertekat untuk bercerai.

"kalau sudah masuk kesini otomatis mereka sudah bulat tekatnya sudah tidak ada lagi jalan keluar kecuali ya bercerai," katanya.

Oleh sebab itu sebaiknya pasangan yang memiliki proble atau masalah dalam keluarga ada baiknya diselesaikan dan dibicarakan terlebih dahulu sebelum mengajukan gugatan ke pengadilan agama.

"Langkah awal harus ada pencerahan ada indikasi indikasi arahan memang tidak mudah sih ya paling tidak diberi pemahaman, dan disini kewajiban majelis hakim setiap kali sidang harus menanyakan dan menyarankan itu, karena kita kan punya target 2 bulan setiap kali sidang, jadi target keseluruhan 5 bulan targetnya selesai jadi 5 bulan itu waktu uang cukup jadi kalau mau kembali ya kembali, jadi perkara itu jangan lebih sampai 5 bulan satu perkara," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved