Imlek 2019

Makna Shio Pada Perayaan Imlek, Tahun 2019 Lambangkan Shio Babi Tanah

Dengan demikian masyarakat yang dahulu banyak yang belum mengenal huruf dan angka bisa menghitung tanggal dengan menggunakan shio.

Makna Shio Pada Perayaan Imlek, Tahun 2019 Lambangkan Shio Babi Tanah
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Aktivitas di Vihara Dhanagun Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewaBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pegawai yang juga pengurus harian Vihara Dhanagun, Kota Bogor Kusuma atau yang akrab disapa A Yung mengatakan bahwa pada Imlek tahun 2019 ini melambangkan Shio Babi Tanah.

A Yung menjelaskan bahwa Babi Tanah berarti adalah tahun ke 12.

"shio Babi itu melambangkan tahun ke 12, karena dalam mandarin itu ada 12 tahun yang setiap tahunnya disimbolkan dengan lambang binatang," katanya Selasa (5/2/2019).

Seperti deiketahui dalam penanggalan Mandarin ada 12 tahun yang dilambangkan binatang, dimulai dari tahun pertama yang memiliki lambang Tikus, kedua Kerbau, ketiga Harimau, keempat Kelinci, kelima Naga, keenamUlar, ketujuh Kuda, kedelapan Kambing, kesembilan Monyet, kesepuluh Ayam, kesebelas Anjing dan keduabelas Babi adalah Simbol Binatang dalam 12 Shio Tradisi Tionghoa.

"Iya jadi Setiap Binatang menandakan 1 tahunan, terdapat 12 binatang yang melambangkan 12 tahunan dalam kalender Imlek, Pada Tahun ke 13, Lambang Binatang akan kembali lagi pada nomor urut pertama dan seterusnya," ucapamya.

A Yug mengatakan bahwa dari apa yang diketahuinya penanggalan tersebut adalah untuk mempermudah masyarakat pada zaman dulu untuk menghitung tanggal.

Dengan demikian masyarakat yang dahulu banyak yang belum mengenal huruf dan angka bisa menghitung tanggal dengan menggunakan shio.

"Jadi jaman dulu itu banyak orang buta huruf, nah akrena ada orang bijaksana kemudian membuat ini (shio) dengan lambang binatang, jadi kan bisa lebih mudah diingat, misalkan lahir tahun 12 shio babi kemudian ketemu lagi shio babi berarti usianya kan 24 tahun ya gitu terus," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved