Kasus Habib Bahar bin Smith

Sidang Direncanakan Di Bandung, Habib Bahar bin Smith Dituntut 9 Jaksa Penuntut Umum

Bambang menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan terkait lokasi persidangan Habib Bahar di Bandung ini.

Sidang Direncanakan Di Bandung, Habib Bahar bin Smith Dituntut 9 Jaksa Penuntut Umum
Tribunnews.com/Naufal Fauzy
Tersangka kasus penganiayaan, Habib Bahar bin Smith mendatangi Mapolres Bogor, Senin (4/2/2019) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Kasus penganiayaan yang menjerat Habib Bahar bin Smith dan 2 tersangka lainnya kini sudah sampai di tangan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor usai dilimpahkan dari penyidik Polda Jabar.

Rencananya Habib Bahar bin Smith akan disidangkan di Bandung namun sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan persidangan ini akan digelar.

"Rencananya persidangan akan digelar di Bandung. Tapi kita sambil menunggu fatwa dari Mahkamah Agung terkait dengan pemindahan tempat sidang ini," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Bambang Hartoto saat ditemui TribunnewsBogor.com di kantornya, Senin (4/2/2019).

Bambang menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan terkait lokasi persidangan Habib Bahar di Bandung ini.

Diantaranya adalah terkait keamanan dan netralitas agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

"Jadi ada beberapa pertimbangan, yang pertama berkaitan dengan masalah netralitas di dalam penanganan perkara itu, supaya kita terhindar dari hal-hal yang ini itu. Ini dalam rangka menjaga ketentraman dan keamanan di sekitar kita juga," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Habib Bahar bin Smith dan dua tersangka lainnya disangkakan pasal 333 KUHP ayat 1, pasal 170 ayat 2 , pasal 351 ayat 1 junto 55 dan juga pasal 80 ayat 2 junto pasal 76 c UU 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak karena salah satu korbannya di bawah umur.

Dalam persidangan nanti, Bambang juga mengaku bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang terlibat merupakan JPU gabungan antara Kejasaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

"Jaksa Penuntut Umum nanti gabungan. Dari Kejaksaan Tinggi ada 3 orang, dari sini (Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor) termasuk saya jadi kurang lebih 9 orang," ungkap Bambang.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved