Pilpres 2019

Bawaslu Tidak Temukan Pelanggaran Pada Spanduk Selamat Datang Sandiaga Uno di Madiun

Tak hanya itu, hasil kajian Bawaslu Jatim divisi hukum juga menyebutkan tidak ada unsur pelanggaran.

Bawaslu Tidak Temukan Pelanggaran Pada Spanduk Selamat Datang Sandiaga Uno di Madiun
Kompas.com
Inilah spanduk berlatar belakang warna putih itu bertuliskan Selamat Datang Bapak Sandiaga Uno di Dolopo, Kabupaten Madiun. Tetapi Mohon Maaf Pilihan Kami Sudah Tetap Jokowi-Maruf terpasang di beberapa titik saat Sandiaga berkampanye di Kabupaten Madiun dan Kota Madiun. (KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI ) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Madiun tidak menemukan adanya unsur pelanggaran pemilu menyusul terpasangnya spanduk selamat datang Sandiaga Uno saat berkunjung di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Pantauan Bawaslu Kabupaten Madiun, tiga spanduk Spanduk berlatar belakang warna putih itu bertuliskan "Selamat Datang Bapak Sandiaga Uno di Dolopo, Kabupaten Madiun. Tetapi Mohon Maaf Pilihan Kami Sudah Tetap Jokowi-Ma'ruf" terpasang di tiga titik.

Namun Bawaslu tidak mengetahui pemasang spanduk tersebut.

"Hasil kajian kami tidak ada unsur hoaks dan ujaran kebencian. Itu ekspresi pemilih dan masyarakat. Jadi kajian kita tidak ada muatan-muatan yang melanggar undang-undang pemilu" ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar saat dihubungi Kompas.com via telepon selulernya, Kamis ( 7/2/2019) pagi.

Tak hanya itu, hasil kajian Bawaslu Jatim divisi hukum juga menyebutkan tidak ada unsur pelanggaran.

Pasalnya dari redaksionalnya tidak ada unsur-unsur yang provokasi.

 Anwar menyatakan Bawaslu Kabupaten Madiun tidak mengetahui siapa pemasang spanduk tersebut.

Namun ia mendapatkan informasi pemasangan spanduk serupa juga terjadi di beberapa kota seperti Kota Madiun dan Ngawi saat Sandiaga berkampanye.

"Kami tidak tahu pemasangnya. Namun informasinya dipasang di tiga titik di wilayah Kecamatan Dolopo," jelas Anwar.

Ia menambahkan sampai saat ini belum ada laporan dari warga yang merasa dirugikan terkait pemasangan spanduk tersebut.

Diberitakan sebelumnya, kunjungan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno di wilayah Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, disambut spanduk unik yang dipasang di jalan raya Dolopo-Ponorogo dekat rambu-rambu sebelah selatan Pasar Dolopo, Rabu (6/2/2019) siang.

Spanduk yang tidak diketahui pemasangnya itu mendapatkan banyak perhatian dari warga. Beberapa warga yang melihat sempat memotret spanduk tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawaslu Tak Temukan Pelanggaran Spanduk "Selamat Datang Sandiaga" di Madiun"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved