Ini Tanggapan Fadli Zon Soal Pernyataan 'Kitab Suci Fiksi' yang Diungkapkan Rocky Gerung

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan bahwa terkait penyataan 'kitab suci fiksi' Rocky Gerung tidak mengarah ke kitab suci mana pun.

Ini Tanggapan Fadli Zon Soal Pernyataan 'Kitab Suci Fiksi' yang Diungkapkan Rocky Gerung
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun Partai Gerindra yang ke-11 di Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (7/2/2019) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan bahwa terkait penyataan 'kitab suci fiksi' Rocky Gerung tidak mengarah ke kitab suci mana pun.

Ia juga mengatakan bahwa pernyataan 'kitab suci fiksi' yang sempat menjadi perdebatan ini adalah permasalah cara berpikir.

"Saya kira gak ada saudara Rocky Gerung bicara kitab suci mana pun, kan. Ini persoalan cara berpikir," kata Fadli Zon saat ditemui TribunnewsBogor.com di Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (7/2/2019).

Ia mengatakan bahwa seperti yang dijelaskan Rocky Gerung sendiri, 'fiksi' bukan berarti sesuatu yang negatif melainkan sebuah proses gambaran.

Fadli mencontohkan seperti para pendiri bangsa membayangakan berdirinya bangsa Indonesia sebelum Indonesia benar-benar berdiri.

"Dia (Rocky Gerung) sudah menjelaskan bahwa fiksi itu bukan berarti sesuatu yang negatif, beda dengan fiktif. Dia adalah sebuah proses penggambaran menuju kita ke sana," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Sumpah Pemuda pun demikian dimana muncul sebelum Indonesia ada.

"Mereka (pendiri bangsa) menulis tentang namanya Indonesia tahun 1927, apakah 1927 Indonesia sudah merdeka, ya belum. Indonesia baru merdeka tahun 1945, tahun 1927 belum apa-apa. Tapi akhirnya menuju kemerdekaan. Sumpah Pemuda sama, belum ada Indonesia ketika itu, jadi inilah yang dimaksud, ini persoalan cara berpikir," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved