Kemensos Akan Minta Pemerintah Provinsi Kembalikan Fungsi Panti Sosial

adanya temuan dari Kementerian Sosial yang menerima dan menemukan adanya panti sosial yang diserahkan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah

Kemensos Akan Minta Pemerintah Provinsi Kembalikan Fungsi Panti Sosial
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kementerian Sosial akan segera mengirimkan surat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diteruskan kepada Pemerintah Provinsi untuk mengambalikan fungsi panti sosial yang sudah dialih fungsikan.

Imbauan tersebut akan disebarkan ke pemerintah provinsi terkait adanya temuan dari Kementerian Sosial yang menerima dan menemukan adanya panti sosial yang diserahkan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang kemudian malah dialihfungsikan.

"Dalam waktu dekat kami akan mengirim suratbke mendagri untuk melakukan pembenahan dan pengalihan fungsi kembalibpanti panti yang sudah dialihkan fungsi kepada non panti dialihkan fungsi kembali, itu yang bisa kita lakukan kita imbau, karena memang sudah kita serahkan kepada mereka," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (8/2/2019).

Karena kata Agus banyak yang terabaikan ketika panti sosial dialihfungsikan

"Pengaruhnya jelas layanan dasar tidak terpenuhi mengenai pelayanan Pmks," ujarnya.

Tidak berhenti disitu, Mensos juga melakukan langkah atau antisipasi dengan merubah status panti sosial menjadi balai.

"Maka untuk mensiasati ada 39 panti sudah kita rubah struktur menjadi balai, karena ketika sudah berubah menjadi balai sehingga kami tidak perlu menyerahkan tidak harus menyerahkan kepada pemda, (menyerahkan panti)," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan Kemeemterian Sosial (Mensos) Republik Indoensia (RI) banyak menemukan adanya panti sosial yang sudah beralih fungsi.

Panti-panti tersebut merupakan panti sosial yang diserahkan oleh Kementerian Sosial kepada Pemerintah Daerah Provinsi untuk dikelola.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved