Ratusan Pendamping Sosial Ikut Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia di Bogor

Ratusan pendamping sosial dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia di Kota Bogor

Ratusan Pendamping Sosial Ikut Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia di Bogor
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ratusan pendamping sosial dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia di Kota Bogor, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Ratusan pendamping sosial dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia di Kota Bogor, Jumat (8/2/2019).

Bimbingan dan pemantapan (bimtap) pendamping sosial lanjut usia ini diikuti oleh 140 orang peserta.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pun mengapresiasi inisiatif Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial yang menerapkan Progres 5.0 New Platform dalam penanganan masalah sosial.

“Yang perlu diperhatikan dalam upaya implementasi progres 5.0 yang holistik, sistematik dan terstandar salah satunya adalah ketersediaan dan kemampuan sumber daya dalam hal ini pendamping sosial," katanya.

Agus menjelaskan bahwa merujuk pada Permensos Nomor 16 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Sumber Daya Manusia Penyelenggara Kesejahteraan Sosial, pendamping sosial lanjut usia merupakan bagian dari Tenaga Kesejahteraan Sosial yang bertugas memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Oleh karena itu, tugas dan peran pendamping sangat penting sehingga kita perlu mempersiapkan pemahaman, keterampilan hingga karakter dan mental agar kelak mereka siap dan mampu mengawal program-program Kementerian Sosial khususnya lanjut usia di daerah,” katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved