Dinas Pendidikan Gresik Telusuri Video Siswa Merokok dan Menantang Guru di Kelas

Mahin mengaku sedikit terkendala dengan waktu, sebab hari ini kegiatan belajar-mengajar sedang libur lantaran akhir pekan.

Dinas Pendidikan Gresik Telusuri Video Siswa Merokok dan Menantang Guru di Kelas
Instagran Lambe Turah
Video siswa sekolah yang sedang merokok dan menantang guru kelas, yang beredar di media sosial.(repro bidik layar akun Instagram @lambe_turah) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik, Mahin, mengaku masih menelusuri kebenaran video yang beredar dan viral di media sosial (medsos) terkait salah seorang siswa yang merokok di kelas.

Siswa di video itu juga menantang salah seorang guru ketika coba diperingatkan.

Aksi pelajar tak terpuji itu diduga terjadi di salah satu sekolah yang ada di Gresik, di Kecamatan Wringinanom, dengan kejadian diperkirakan terjadi pada Sabtu (9/2/2019) kemarin.

"Ini yang coba saya telusuri, apakah kejadian itu terjadi di SMP atau SMK PGRI Wringinanom, dan benar-benar terjadi di Gresik. Saya juga masih terus berusaha menghubungi pihak-pihak terkait, untuk klarifikasi dan mengecek kebenarannya," ujar Mahin, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/2/2019).

"Saya sendiri baru tahu kejadian itu, setelah sempat ramai jadi perbincangan di medsos barusan, pagi ini. Ini saya cek, karena di Wringinanom sendiri itu ada SMP, ada juga SMK PGRI," ucap dia.

Mahin mengaku sedikit terkendala dengan waktu, sebab hari ini kegiatan belajar-mengajar sedang libur lantaran akhir pekan.

Namun, ia coba terus berusaha untuk memastikan, apakah kejadian tersebut memang benar terjadi di wilayah yang dipimpinnya ini.

"Semua pihak terus saya hubungi, tapi memang ini kan akhir pekan, jadi sekolah pada libur. Andai hari biasa (kerja), pasti akan saya datangi sekarang," tegas dia.

Dalam video yang beredar di medsos tersebut, ada warganet yang menyebut nama sebuah SMP di Gresik sebagai tempat kejadian.

Namun, Mahin tidak ingin berspekulasi, sebelum bukti nyata didapatkan.

"Kalau memang nanti terbukti itu siswa SMP tentu akan kami berikan sanksi, sebab itu jelas sudah melecehkan institusi pendidikan. Tapi, kalau terjadi SMK, biar nanti pihak Provinsi yang akan turun tangan. Sebab, SMA dan SMK itu kan berada di bawah pengawasan Provinsi," ujar dia.

Video tersebut juga terpantau sudah mulai ramai diposting dan menjadi pembicaraan di grup Facebook 'Gresik Sumpek', dengan mendapatkan beragam tanggapan dari warganet yang rata-rata menyesalkan tindakan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dispendik Gresik Telusuri Video Siswa Merokok dan Menantang Guru di Kelas "

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved