Harga Satu Kamar di Lapas Sukamiskin Capai Rp 700 Juta, Renovasi Bisa Habiskan Hingga Rp 100 Juta

Salah satu narapidana yang membeli kamarnya adalah Fahmi Darmawansyah senilai Rp 700 juta

Harga Satu Kamar di Lapas Sukamiskin Capai Rp 700 Juta, Renovasi Bisa Habiskan Hingga Rp 100 Juta
Tribunnews.com/Eri Komar Sinaga
Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia, Fahmi Darmawansyah. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -‎ Andri Rahmat, satu terdakwa kasus suap terhadap mantan Kepala Lapas Sukamiskin, Washid Husen, mengaku menjadi koordinator jual beli kamar dan renovasi kamar tahanan di Lapas Sukamiskin. Andri Rahmat adalah narapidana di Lapas Sukamiskin yang tersangkut kasus tindak pidana umum.

"Sebelum saya ada lagi, saya hanya meneruskan saja," ujar Andri Rahmat saat bersaksi untuk terdakwa Fahmi Darmawansyah, di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (11/2/2019).

Salah satu narapidana yang membeli kamarnya adalah Fahmi Darmawansyah senilai Rp 700 juta. Tidak hanya itu, Andri Rahmat juga mengkoordinir jasa renovasi kamar tahanan. Penyelidik KPK sempat menggeledah kamar Andri dan ditemukan uang puluhan juta rupiah.

"Itu uang jasa renovasi kamar. Biayanya tergantung permintaan, berkisar di Rp 40 juta hingga Rp 50 juta. Kalau yang ratusan juta itu mah kamar sudah jadi," ujarnya.

Menurutnya, renovasi kamar dibiayai oleh tahanan memang tidak diperbolehkan. Untuk merenovasi kamar sesuai permintaan itu, diperlukan material yang harus dibawa dari luar. Untuk membantu memasukan material, ia dibantu petugas lapas.

"Dibantu Pak Slamet Widodo selaku KPLP Lapas Sukamiskin. Uang yang terkumpul dari jasa renovasi kamar itu disimpan dan digunakan untuk kebutuhan seperti membayar THR," katanya.

Ia menjelaskan soal jasa renovasi kamar itu. Salah satunya, yang direnovasi jika kondisi kamarnya bocor hingga tembok yang lapuk. Asep Santika, mantan Kabid Perizinan Dinas PTSP Kabupaten Subang yang juga terpidana kasus suap Bupati Subang Imas Aryumningsih juga harus mengeluarkan uang Rp 100 juta untuk renovasi kamar.

"Iya itu juga bayar segitu. Biasanya rinciannya itu Rp 25 juta untuk petugas lapas. Sisanya untuk uang kas," kata Andri.

Andri menjelaskan jasa renovasi itu baru dilakoni selama 3 bulan sejak Wahid menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin. Dia menggantikan peran Ikhsan, napi tipikor yang sudah bebas. Banyak kamar yang telah dia renovasi. Menurut Andri, renovasi dilakukan agar membuat nyaman.

"Yang bocor ditambal. Terus nambah wallpaper dinding. Saya juga laporan ke Pak Wahid, ‎Pak Wahid bilang jangan terlalu mewah," kata Andri.

‎Fahmi membenarkan soal membeli kamar senilai ratusan juta itu. Uang diserahkan ke Andri secara bertahap.

Penulis: Mega Nugraha  

(Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Harga Satu Kamar di Lapas Sukamiskin Capai Rp 700 Juta, untuk Renovasi Biayanya Rp 40-Rp 100 Juta)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved