Demo Warga di Depan Mapolres Bogor Terkait Pemindahan Tanah Makam di Ciletuh Hilir

Warga Ciletuh Hilir, Cigombong, Kabupaten Bogor lakukan unjuk rasa di ke Mapolres Bogor, Rabu (13/2/2019)

Demo Warga di Depan Mapolres Bogor Terkait Pemindahan Tanah Makam di Ciletuh Hilir
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
demo depan Mapolres Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Warga Ciletuh Hilir, Cigombong, Kabupaten Bogor lakukan unjuk rasa di ke Mapolres Bogor.

Hal ini rupanya disebabkan oleh permasalahan pemindahan tanah makam di Ciletuh Hilir.

Hal ini berujung pemanggilan terhadap Ketua RW Djajang Mulyana karena dianggap menghalang-halangi proses pemindahan makam yang dilakukan oleh salah satu pengembang wisata.

"(Pemanggilan) Terkait saksi, saya katanya dibilang indikasi di sana saya kena pasal 335 bunyinya menghalang-halangi," kata Djajang usai memenuhi panggilan polisi, Rabu (13/2/2019).

Ia menjelaskan permasalahan pemindahan makam warga ini memang belum mencapai titik temu setelah melalui musyawarah.

Namun pembongkaran makam tetap dilakukan dengan bantuan pengamanan personel kepolisian yang terjadi pada 23 Januari 2019 lalu.

"Kalau itu diakui oleh pihak perusahaan mungkin dari tahun-tahun lalu sudah dilarang. Adanya pembangunan itu bukan kami melarang, cuman cara pemindahannya menurut kami tidak manusiawi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa tanah pemakaman warga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1934 silam dan memang merupakan tanah perkebunan PTP XI dimana warga secara tak tertulis diberikan izin untuk menjadikannya sebagai pemakaman umum.

Makam tersebut, kata dia, memiliki luas sekitar 12 ribu meter persegi yang terdiri dari 6 ahli waris dan jumlah makam mencapai 800 makam.

Terpantau, usai memenuhi pemeriksaan polisi, Djajang dan warga lainnya membubarkan diri meninggalkan Mapolres Bogor sekitar pukul 14.00 WIB setelah sebelumnya juga berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Bogor.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved